Seorang Warga Tinggal Ditempat Yang Tak Layak, “Selama 15 Tahun Luput Dari Perhatian”

fokusliputan.com_seorang warga, yang sudah berusia tua. Nenek ini dalam keadaan lumpuh layu dan tinggal di tempat yang sempit (layaknya seperti kandang) selama 15 tahun, hidup sebatang kara berukuran 2X1 Meter. (01/03/2020)


Nenek tua renta ini luput dari perhatian pemerintah dan tak pernah mendapat bantuan, untuk bertahan hidup, nenek ini hanya mengandalkan belas kasihan tetangga. 

Saat media melakukan peninjauan lokasi. Inilah rumah tempat nenek Norma boru Harahap. Usia sekitar 76 Tahun di desa Muara Tais satu kecamatan Angkola Muara Tais Kabupaten Tapanuli Selatan. Tempat berteduh yang diduga bekas kandang, merupakan tempat beraktifitas nenek tersebut selama kurang lebih 15 tahun belakangan ini. 


Sejak suaminya meninggal dunia 15 tahun lalu, nenek tersebut mengalami lumpuh layu, sehingga semua kegiatan makan minum, tidur dan berinadah dan Buang Air Besar (BAB) dilakukan dirumah ini. 

Hidup sebatang kara. Selama berumahtangga, nenek tersebut tidak dikaruniai keturunan. Ironisnya, yang diusia 76 tahun ini, tidak satupun keluarga dekat mau memiliharanya. Untuk makan seharinya, nenek ini hanya berharap belas kasihan tetangga. 

Tak hanya itu, nenek tersebut berharap agar Tuhan memanggilnya karena selama 15 tahun ini hidupnya hanya menyusahkan orang. (Norma boru Harahap warga Kurang Mampu). 


Selanjutnya, tetangga didekat rumah nenek ini berharap agar ada perhatian pemerintah agar hidup nenek ini bisa terjamin. (Adi idcat Tetangga Nenek Norma) 

Translate wawancara :

Tanya: Kalau mau BAB dan beraktifitas bagaimana ?
Jawab: Disinilah semua, disini ambil wudi, disini BAB, disini semuanya. Makanya saya merasa sangat susah.
Tanya: Keluarga ibu dimana?
Jawab: tak ada anakku, saudara mereka sajalah.
Tanya: jadi, bagaimana kedepan nasibnya ibu?
Jawab : Maunya sehat sajalah aku, kalau memang tak sehat lagi, kembali saja kepada Tuhan, sengsara hidupku, janganlah aku seperti ini. “……nangis…… “
Tanya : Apa rupanya sedihnya ?
Jawab : Tak bisa aku bergerak <lumpuh>

fokusliputan.com/Sawal/RahmatENst