Polres Tapteng Ikuti Zoom Meeting; Sosialisasi Pembinaan & Cegah Tangkal Radikalisme & Intoleransi

fokusliputan.com_ Kamis tanggal 19 Agustus 2021,bertempat di Aula Parama Satwika Polres Tapteng, dilaksanakan zoom meeting sosialisasi pembinaan dan pencegahan tangkal radikalisme dan intoleran dari Polda Sumatera Utara. 

Kegiatan Zoom Meeting dipimpin oleh Narasumber Karo SDM Polda Sumut Kombes Pol  Heru Budi Prasetyo didampingi Ketua FKUB Provinsi Sumut Bapak Drs. Farid Muda Harahap, Kabid Bina Karakter Kebangsaan Kesbangpol Provinsi Sumut dan Kabid Propam Polda Sumut.

Adapun peserta yang mengikuti Sosialisasi dari Polres Tapteng. Kabag Sumda Polres Tapteng,  Kasubbag Pers Polres Tapteng, Kanit Res Ekonomi Polres Tapteng,  Kanit Pam Obvit Polres Tapteng, Kanit Res Tipidter Polres Tapteng, P.s Kanit V Sat Intelkam Polres Tapteng. Personil Sat Binmas, Personil Sat Lantas, Personil Sat Sabhara.

Kapolres Tapteng AKBP Jimmy Sik melalui AKP Horas Gurning menerangkan; Karo SDM Polda Sumut mengajak Agar Anggota Polri menjadi pilar utama dalam menjalin Persatuan dan Kesatuan Bangsa di Negara Republik Indonesia serta upaya Menghilangkan Faham Terorism dilingkungan Polri.

Adapun beberapa point yang disampaikan Ketua FKUB Prov Sumut. 1. Perlu adanya Toleransi dalam pemahaman beragama. 2. Dangkalnya pemahama agama akan merusak toleransi antar sesama. 3. Jangan sampai perbedaan menjadi rapuh dalam bertoleransi. 4. Jadikanlah perbedaan menjadi Toleransi yang baik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. 5. Jadikanlah perbedaan sebagi Rahmat dari Tuhan Yang Esa sebagai landasan dalam bertoleransi.

Selanjutnya; paparan Kesbangpol Prov. Sumut; 1. Perlunya membangun wawasan berbangsa, bernegara dan beragama. 2. Posisi Agama tercermin dalam Ideologi dan Konstitusi yakni Pada Pancasila Sila pertama dan Pasal 29 UUD 1945. 3. Faham Radikalisme menjadi ancaman karena didalamnya terdapat doktrin fanatik hakiniyah intoleran eksklusif dan revolusioner. 4. Indikator moderasi agama dan kerukunan secara teoritik memiliki empat faktor yakni komitmen kebangsaan, anti kekerasan,  akomodatif terhadap kebudayaan, toleransi.

fokusliputan.com/betasimatupang