Terkait Dugaan Pungli Dana Desa, “Camat Putri Betung; isu itu Hoax”

fokusliputan.com_Camat Putri Betung Sabdin,SPd saat dikonfirmasi menegaskan isu tersebut hoax, kata camat dengan singkat melalui pesan WhatsApp-nya. Adanya beredar informasi; dalam penyaluran dana desa di kecamatan Putri Betung diduga ada indikasi pungutan liar yang di lakukan oleh pihak camat setempat.

Menurut keterangan dari beberapa Pengulu dalam penarikan dana desa akan di setor sejumlah Rp 20 juta ke camat. Namun, dana tersebut dipungut mereka tidak tahu untuk keperluan apa. Namun disayangkan dalam anggaran dana desa kebanyakan digunakan untuk program BLT dan penangan pencegahan covid-19. Sehingga pengelolaan anggaran dana desa sangat minim untuk pemberdayaan dan infrastruktur desa, diakibatkan kondisi saat ini sedang di landa masa pandemik.

Dalam konfirmasi wartawan pada Senin (07/06/2021) dengan beberapa Pengulu dan engan nama nya di sebutkan mereka mengaku; betul ada-nya pungutan dari sembilan desa di wilayah kecamatan Putri Betung dengan jumlah Rp 20 juta untuk disetor camat. Dana tersebut di kumpulan, dengan satu desa di pungut Rp 2.000.000 dan ada 2250.000.

Mereka sangat menyayangkan hal tersebut yang dilakukan oleh atasan mereka, setiap dana yang ditarik sudah ada keperluannya untuk masyarakat. Namun, mau tidak mau harus di tunaikan, supaya tidak dipersulit bila berurusan dengan pihak kecamatan,tutur mereka.

fokusliputan.com_Mhd Daud Aceh