Protokol Kesehatan Bagi Seluruh Penumpang, "Tujuan Nias Sumut”

fokusliputan.com_Sibolga

Personil Unit Intelkam Sibolga Sambas dan personil Polsek Sibolga Sambas melakukan kegiatan monitoring, Pulbaket dan koordinasi anggota KPLP, dan supir truk ekspedisi yang berada di Pelabuhan Pelindo.


Selengkapnya; Selasa tanggal 22 September 2020 pukul 20.30 Wib, bertempat di Pelabuhan Pelindo kota Sibolga Kelurahan Pancuran Dewa, Kecamatan Sibolga Sambas Sumatera Utara.

Kapolsek Sambas Iptu Royamber Panjaitan,SE.,beserta Personil Unit Intelkam Sibolga Sambas dan personil Polsek Sibolga Sambas Bripda M. Sidik melakukan kegiatan monitoring, Pulbaket dan Koordinasi anggota KPLP Prantara Vensisco Siahaan, dan supir truk ekspedisi yang berada di Pelabuhan Pelindo terkait malam kedua;

Pemberlakuan wajib ada hasil pemeriksaan Test Swab yang mana telah dikeluarkannya Surat Edaran tentang pengetatan Protokol Kesehatan bagi seluruh penumpang tujuan kepulauan Nias Sumatera Utara. Sesuai dengan surat permohonan dari Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumatera Utara No. 382/ Covid-19/ IX/ 2020 tanggal 17 September 2020.

Adapun penyampaian anggota KPLP Prantara Vensisco Siahaan: “adanya supir truk ekspedisi dari Pelabuhan ASP yang mau ke Pelabuhan Sambas dengan alasan adanya telpon dari teman supir tersebut agar berkumpul bersama di Pelabuhan Sambas.

Yus, salah satu supir truk dari ekspedisi Nias Express mengatakan Kami para supir merasa sangat resah karena adanya syarat harus melampirkan surat Swab Test sebagai salah satu syarat menyeberangan ke Pulau Nias. Kami datang ke sini karena di telepon kemari oleh salah satu teman kami dari satu ekspedisi yaitu Nias Ekspress yang berada di Mesjid Al-Falah Pelabuhan Pelindo, karena kami di Pelabuhan ASP tidak ada tempat tinggal, jadi diajak teman kami untuk menginap bersama di Mesjid Al-Falah Pelabuhan Pelindo Sibolga. Truk kami semalam pada hari Senin tanggal 21 September 2020 telah berangkat dari Pelabuhan ASP Kota Sibolga.

Adapun alasan, kenapa hanya truk kami yang berangkat, sedangkan truk teman kami yang berada di Pelabuhan Sambas tidak berangkat adalah karena belum ada petunjuk dari toke kami di Gunung Sitoli, sedangkan truk kami sudah di beri petunjuk oleh toke kami untuk di berangkatkan ke Pulau Nias semalam. Dan, Kami tidak tau alasan kenapa toke kami, kenapa hanya kami yang di suruh memberangkatkan mobil, sedangkan teman kami yang berada di Pelabuhan Pelindo belum di suruh berangkat.

Tak hanya itu, pada saat ini, kami juga ingin berbagi keluh kesah pada teman kami yang berada di Mesjid Al-Falah Pelabuhan Pelindo Sibolga; mengenai pemberian gaji kami, karena sesuai dengan perjanjian dengan toke, kami harus membawa mobil tersebut ke Pulau Nias secara langsung, tetapi kami hanya memberangkatkan truk kami saja, jadi kami hanya setengah jalan, sedangkan kami disini sudah mengeluarkan biaya lebih dari pada yang diberikan toke kepada kami.


Menanggapi hal ini, menurut penjelasan dari anggota KPLP P V  Prantara Vensisco ; adanya supir truk dari Pelabuhan ASP yang datang untuk menjumpai temannya sesama supir truk ekspedisi yang berada di Pelabuhan Pelindo, kemudian supir truk tersebut mengakui kalau memang di telpon oleh temannya agar datang ke Pelabuhan Pelindo untuk berkumpul di Mesjid Al-Falah Pelabuhan Pelindo Sibolga

Dalam hal ini, Kapolsek Sambas Iptu Royamber Panjaitan, S.E, beserta Personil Unit Intelkam Sibolga Sambas didampingi Ksb Humas Polresta Sibolga Iptu R Sormin,SAg;; telah melakukan penggalangan terhadap supir-supir agar tidak terprovokasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab atas permasalahan yang ada, yang dapat merugikan diri sendiri. Unit Intelkam Polsek Sambas telah melakukan penggalangan dan Pulbaket terhadap tim Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19  depan laut (Maritim) di Pelabuhan Sambas.

Selanjutnya, personil Polsek Sibolga Sambas yang melaksanakan Pengamanan di Pelabuhan Pelindo Bripda M Sidik telah melakukan himbauan kepada supir dan yang akan menyeberang ke pulau Nias, agar tidak terprovokasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab atas permasalahan yang ada, yang dapat merugikan diri sendiri. Situasi pelabuhan Pelindo masih dalam keadaan kondusif.

fokusliputan.com/BetaSimatupang