Emak Emak Berebut Air Bersih, “Sudah Berlangsung 3 Bulan Terakhir”

fokusliputan.com_Sitamiang

Menurut Warga, krisis air bersih yang terjadi dilokasi mereka telah berlangsung selama tiga bulan terakhir. Tepatnya ketika memasuki musim kemarau , dimana sejak saat itu air ditempat mereka sulit bahkan air PAM pun tidak mengalir kerumah warga. 


Demi memenuhi kebutuhan air sehari-hari , mereka akan berebut dengan warga lainnya untuk mendapatkan air. Terlihat dengan membawa ember dan tempat tampungan air lainnya, puluhan emak emak ini, di kota Padang Sidempuan Sumatera Utara , pagi tadi mendatangitempat saluran air di jalan Makmur gang sibaganding kelurahan sitamiang baru Kota Padangsidempuan. 

Di lokasi ini, puluhan emak emak ini tampak terlihat berebut air yang keluar dari saluran pipa yang berasal dari mata air perbukitan. Meski air tampak keruh, , puluhan emak emak ini tetap semangat menampung air dengan menggunakan gayung . pasalnya, air yang keluar dari saluran ini hanya bisa bertahan selama satu jam, baik pagi maupun sore hari. 


Rosita Lubis warga setempat mengeluhkan agar instansi terkait, pemerintah cepat tanggap dan memberikan bantuan air bersih kepada mereka, Senin, 23 September 2019. 


fokusliputan.com_sawalsiregar/Tapanuli Selatan