KPU TAPTENG ADAKAN PAGELARAN SENI BUDAYA MENYAMBUT PEMILU SERENTAK

fokusliputan.com_TAPANULI TENGAH

Dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pemilu 2019 yang akan datang, KPU Tapanuli Tengah mengadakan pagelaran seni budaya , berlokasi di Pantai Bosur Pandan (21/4/2018), yang akan dihadiri 16 pengurus partai politik peserta Pemilu 2019, dimeriahkan stand up comedy, hiburan rakyat, lucky draw, Trio Obama.


Acara pagelaran seni budaya menyambut satu Tahun Pemilu 2019 adalah salah satu bentuk sosialisasi kepada masyarakat tentang Pemilu 2019 yang dikemas dalam bentuk pagelaran seni budaya. Melalui pagelaran ini nantinya, berharap bisa menyampaikan pesan-pesan tentang Pemilu 2019 kepada masyarakat  yang hadir menyaksikan acara dan ini juga menjadi momentum awal bagi partai politik untuk mensosialisasikan dan memperkenalkan partainya kepada masyarakat beber Komisioner KPU Tapteng Divisi Hukum Azwar Sitompul SH 

Lanjutnya, Pada pemilihan umum tahun 2019 mendatang, masyarakat akan memilih anggota DPR RI, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota, serta memilih Presiden dan Wakil Presiden. Penyelenggaraan hari pemungutan dan penghitungan suara untuk Pemilu 2019 akan dilaksanakan pada tanggal 17 April 2019. Pemilu 2019 ini adalah Pemilu pertama yang diselenggarakan secara serentak antara Pileg dan Pilpres. Yang dimaksud dengan Pemilu Serentak adalah pelaksanaan Pemilu Presiden/Wakil Presiden dan Pemilu DPR, DPD, dan DPRD dalam satu hari, satu waktu,  agar kemudian tercipta suatu budaya politik yang baik, selanjutnya yang perlu segera dilakukan adalah upaya perubahan budaya politik dalam rangka menyambut pemilu serentak. Bukan hanya penyelenggara pemilu, peran berbagai pihak seperti partai politik dan juga para kandidat yang nantinya akan turut berkompetisi dalam pemilu, seyogianya mampu memberikan pencerahan politik kepada publik. Sangatlah urgen dalam rangka membangun sistem partisipasi politik yang memungkinkan warga negara yang sudah berhak memilih berpartisipasi secara efektif dalam proses pemilu.

Asisten I Pemkab Tapteng Antonius Simanjuntak, dalam dalam sambutannya mengharapkan agar pelaksanaan Pilkada Gubsu 2018 dan Pemilu 2019 dapat terlaksana dengan baik. Ia juga berharap pagelaran seni budaya bisa mendorong partisipasi pemilih. Terkait pelaksanaan Pilkada Sumatera Utara, kami berharap data pemilih bisa tersempurnakan agar agar partisipasi pemilih dapat meningkat.
Pegelaran seni budaya juga memberikan kesempatan kepada pengurus partai politik menyampaikan visi dan misi serta mensosialisasikan partainya. Disamping dihadiri penyelenggara Pemilu tingkat kecamatan dan desa, acara juga dihadiri perwakilan Ormas, OKP dan ratusan masyarakat Tapteng.