Rukun Nelayan, Adakan Kegiatan, Rasa Syukur, Hasil Tangkapan Ikan, Serta Keselamatan Para Nelayan

fokusliputan.com_ Masyarakat nelayan Kabupaten Lampung Selatan menggelar kegiatan ruwat laut sekaligus silaturahmi rukun nelayan seKabupaten Lampung Selatan, pada rabu,(28/12/2022).


Kegiatan yang dilaksanakan sebagai bentuk rasa syukur terhadap hasil tangkapan ikan yang melimpah, serta keselamatan para nelayan saat melaut.

Tak kurang dari 29 rukun nelayan dari tujuh Kecamatan di Lampung Selatan hadir pada acara Ruwat Laut yang dilangsungkan di TPI Dermaga Bom Kalianda lamsel, Selain doa bersama dan ceramah (siraman rohani) kegiatan tersebut juga diisi dengan penyerahan bantuan perahu ketinting dan bantuan BLT BBM bagi nelayan oleh Bupati lamsel H.Nanang ermanto.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Lampung Selatan Dwi Jatmiko usai mengikuti kegiatan tersebut, kepada media dirinya menyampaikan, bahwa bersamaan dengan kegiatan ruwat laut ini juga dikakukan penyerahan bantuan berupa perahu ketinting dengan kapasitas 5 GT sebanyak 12 unit kepada kelompok nelayan di lima kecamatan serta BLT BBM bagi 1000bmasyarakat nelayan yang tidak mampu.

“Bantuan-bantuan yang diterima oleh teman-teman nelayan berupa bantuan perahu ketinting 12 unit, untuk kelompok nelayan di 5 Kecamatan yaitu, Kalianda, Rajabasa, Ketapang, Bakauheni, dan Sidomulyo,” kata Dwi Jatmiko.

Kemudian lanjut Dwi jatmiko selain bantuan perahu masyarakat nelayan juga mendapatkan BLT BBM senilai 900 ribu rupiah untuk 1000 nelayan tidak mampu, itu sebagai upaya guna menanggulangi dampak inflasi di Kabupaten Lampung Selatan,

“Kita mendapat anggaran untuk membantu nelayan dalam bentuk BLT BBM untuk 1000 orang nelayan yang kurang mampu dengan jumlah bantuannya 900 ribu perorang atau selama 3 bulan "terangnya.

Acara yang dihimpun anggota Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Lampung Selatan itu dihadiri langsung oleh Bupati Lampung Selatan,H.Nanang ermanto yang juga turut dihadiri oleh para tokoh agama, tokoh Adat, tokoh masyarakat, serta perwakilan nelayan dari beberapa kecamatan di lamsel.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Lampung Selatan H.Nanang ermanto menyambut baik kegiatan Ruwat Laut kembali dilakukan. Bupati Nanang mengaku, dengan berkumpulnya masyarakat nelayan di acara ini, tentunya akan semakin menguatkan jalinan silaturahmi dan menambah kerukunan nelayan di Kabupaten Lampung Selatan.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, Pemerintah sendiri, baik Pusat maupun Daerah telah memberikan perhatian besar terhadap para nelayan. Hal ini dibuktikan dengan bantuan-bantuan yang telah disalurkan guna mendukung kegiatan para nelayan untuk meningkatkan hasil tangkapannya.

Nanang berpesan, agar bantuan yang diberikan dpat dijaga dan dimanfaatkan dengan baik. “Jaga dan rawat dengan baik, sehingga terjaga kondisinya, dan kepada bapak ibu penerima manfaat Bansos, saya juga berharap BLT ini dapat bermanfaat dan membantu memenuhi kebutuhannya sehari-hari,” pesan Bupati
Masih dihari yang sama, Ketua HNSI lamsel yang di wakili sekretaris A.Roni juga menyampaikan ucapan teriakasih kepada Bupati lamsel yanh telah hadir dalam kegiatan silaturahmi yang dirangkai dengan kegiatan Ruat Laut serta syukuran pada Tuhan yang menguasai lautan"

" atas nama masyarakat nelayan kami juga berterima kasih kepada bapak bupati Nanang ermanto yang telah memberikan bantuan perahu sekaligus menyerahkan BLT bagi nelayan" ucap Roni

Kami HNSI yang menjadi rumahnya para nelayan tentu akan bersinergi kepada pemerentah daerah dalam pembangunan serta mendukung prigram pemerintah demi untuk kemajuan lampung selatan".

fokusliputan.com/AliiMron