Masyarakat Ataupun Perusahaan, Wajib Memiliki Tabung Pemadam Kebakaran

Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Kabupaten Lampung Selatan mencatat mulai dari kamis petang sampai jum'at dini hari telah terjadi kebakaran di tiga tempat berbeda. 

Kepala Bidang (Kabid) Damkar Ruli Fikriansyah, SH, MH mewakili Kepala Dinas Gulkarmat Maturidi. SH menyampaikan, bahwa Kebakaran pertama terjadi di rumah warga Desa Suak RT/RW 03/03 Kecamatan Sidomulyo. 

"Peristiwa kebakaran terjadi sekira pukul 17.50 WIB. Kebakaran ini dikarenakan hubungan arus pendek dari sebuah lampu rumah warga yang meledak dan menyebabkan kebakaran," ujarnya Jum'at (14/10/2022). 

Sementara, peristiwa kebakaran yang kedua melanda sebuah gudang di Jalan Dahlia Nomor 818, Kecamatan Natar, sekira pukul 18.02 WIB. 

"Bangunan yang terbakar merupakan gudang berisi tumpukan kayu jenis merbau, galak dan meranti" paparnya. 

Sedangkan peristiwa kebakaran yang terakhir, terjadi di KM 28 Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Lampung Selatan, sekitar pukul 03.30 WIB, Jum’at 14 Oktober 2022, dini hari dialami oleh kendaraan merk Daihatzu Terios. 

"Meskipun dalam ketiga peristiwa kebakaran itu tidak ada korban jiwa, namun ditafsir kerugian material  mencapai ratusan juta Rupiah" ucapnya 

Selain itu pemilik jargon ” Pantang Pulang Sebelum Padam” itu juga meminta warga agar selalu mewaspadai segala potensi bencana yang selalu mengancam seperti banjir, kebakaran, pohon tumbang maupun longsor. 

Oleh karena itu jika masyarakat membutuhkan bantuan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan agar menghubungi layanan Call Center yang telah disediakan yakni, 0727-322144 / 082279513682. 

Diluncurkannya Call Center itu terus Ruli Fikriansyah bertujuan untuk membantu masyarakat untuk mengadukan hal-hal yang berkaitan dengan peristiwa kebakaran dan kebakaran. 

“Jadi, kalau ada masyarakat yang melihat atau menjadi korban atau pun ingin dengan pihak damkar terkait peristiwa dapat menghubungi nomor call center yang kami sediakan,” Paparnya. 

Penghujung. Dirinya mengajak masyarakat untuk selalu waspada dan melakukan mitigasi terhadap potensi kebakaran serta dapat mengenali bahaya dari kebakaran. 

"Masyarakat ataupun perusahaan wajib memiliki tabung pemadam kebakaran dan Bagi desa desa yang berminat ingin memberi penyuluhan tentang menangani kebakaran dapat menghubungi Damkar  tanpa biaya (gratis).

fokusliputan.com/AliiMron