Polresta Sibolga; Giat AKB & SOP Penegakan Disiplin Prokes di Sibolga

fokusliputan.com_Sibolga

Adapun tempat - tempat yang menjadi Sasaran Penertiban Protokol Kesehatan (prokes) tersebut adalah: Seputaran Simare-mare kota Sibolga, Pelabuhan Sambas Pelindo, Hotel Wisata Indah kota Sibolga.

Dalam Pelaksanaan Kegiatan penertiban Protokol Kesehatan, memberikan tindakan berupa: Memberikan teguran secara Humanis kepada masyarakat yang tidak menggunakan masker. Tetap melakukan Persuasif dan Edukatif kepada masyarakat yg pengguna Jalan. Menghimbau kepada masyarakat tetap menggunakan masker untuk menghindari dan menjaga agar kelangsungan klaster Covid- 19 saat ini tidak menyebar luas khususnya di wilayah kota Sibolga. Memberikan Teguran berupa nasehat dan memberikan masker kepada masyarakat yang tidak menggunakan masker serta pengucapan Pancasila. Menertibkan kendaraan yang berknalpot blong yang tidak sesuai dengan standar SNI guna menciptakan situasi aman dan kondusif.

Adapun pusat pembelanjaan kota Sibolga khususnya Supermarket Aido merupakan contoh tempat keramaian yang tertib menerapkan Protokol kesehatan dan mengutamakan pelanggan yang memakai masker dan mencuci tangan sebelum memasuki pembelanjaan Aido, ujar AKBP Triyadi SH SIK melalui Iptu R Sormin,SAg.

Rabu tanggal 23 Juni 2021 dimulai pukul 20.00 wib telah dilaksanakan Kegiatan Rutin yang di tingkatkan (KYRD) dalam bentuk patroli menjaga keamanan Kamtibmas serta penertiban Protokol Kesehatan diawali dengan apel konsulidasi yang di pimpin oleh Padal Ipda Pasma Pasaribu bertempat di lapangan apel Polres Sibolga. Guna upaya mencegah penularan Covid-19. Khususnya dalam Adaptasi Kebiasaan Baru, Sesuai dengan Inpres No. 6 Tahun 2020 Tentang Pendisiplinan Protokol Kesehatan dan Peraturan Walikota Sibolga No.39 tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dan SOP penegakan disiplin protokol kesehatan di wilayah kota Sibolga dalam rangka penyebaran claster Covid -19 di wilayah kota Sibolga.

Perwira Polres Sibolga Selaku Pawas dan Padal, memberikan APP sebelum melaksanakan patroli penertiban Protokol Kesehatan. Personil Polres Sibolga  melakukan himbauan serta tindakan Humanis dan Disiplin berupa nasehat dan Push-up kepada masyarakat  yang melanggar Prokes di wilayah hukum Polres Sibolga. Satuan Intelkam telah melakukan giat Monitoring, Pulbaket dan fokumentasi kegiatan serta deteksi dini terhadap potensi gangguan Kamtibmas. Kegiatan penertiban Protokol Kesehatan di wilayah kota Sibolga berakhir sekitar pukul 22.00 Wib dalam keadaan aman dan kondusif.

fokusliputan.com/BetaSImatupang