Di Tapteng; Salah Satu Pelaku-nya Berstatus Pelajar, 4 Pelaku Curanmor Diamankan

fokusliputan.com_Berembuk akan melakukan pencurian Sepeda motor di kantin SMP NEG 3 Badiri. Dalam hal ini; Tim Personil Polsek Pinang Sori Polres Tapanuli Tengah Sumatera Utara_berhasil mengamankan pelaku TP Curanmor (Tindak Pidana Pencurian Sepeda Motor). TKP: Link IV Kelurahan Lopian Kecamatan Badiri Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) Sumatera Utara, tepatnya didalam kantin sekaligus rumah tempat tinggal korban bernama RF. (06/05/2021).

Tercatat nama pelaku; HSL usia 23 Tahun, alamat Sipogu Kelurahan Sori Nauli Kecamatan Pinangsori Kabupaten Tapteng. AH usia 17 Tahun alamat Link I Kelurahan Pinangbaru Kecamatan Pinangsori Tapteng. JPS, usia 17 Tahun-status  Pelajar alamat Link II Kelurahan Pinangbaru Pinangsori Tapteng. LDS usia 16 Tahun-Pelajar alamat Pandurungan Julu Kelurahan Pinangbaru Pinangsori Tapteng.

Barang bukti : 01 (satu) unit Sepda motor Yamaha Mio Soul warna putih-hitam tanpa nomor polisi; nomor rangka : MH314D003AK652650 dan nomor mesin : 14 D 652392. Sepasang sepatu merk Adidas warna biru (milik korban). Sepasang sepatu merk Adida warna abu-abu (milik korban). Sepasang sepatu merk Vans warna merah (milik korban). 1 (satu) buah obeng bergagangkan plastik warna putih-merah, dipakai mencongkel kontak Septor. 1 (satu) buah tas ransel warna coklat yg dipakai tempat simpan obeng dan gunting (alat curi) serta menyimpan ketiga pasang sepatu yang dicuri.

Kapolres Tapteng AKBP Nicolas Dedy Arifianto SH,SIK,MH melalui Kasubbag Humas Polres Tapteng AKP Horas Gurning menerangkan kronologis; Rabu tertanggal 28 April 2021 sekitar pukul 21.00 Wib. Ke-empat pelaku bertemu di sebuah jembatan di Kelurahan Sori Nauli dan berembuk akan melakukan pencurian Septor di kantin SMP NEG.3 Badiri ditempat sekolah pelaku JPS.

Motif Kasus; Pengakuan pelaku; Pelaku JPS menyiapkan sebuah obeng, pelaku HSL menyiapkan gunting dan pelaku LDS menyiapkan tas ransel, kemudian sepakat, di hari Kamis tertanggal 29 April 2021 kumpul pukul 07.00 Wib di Indomart Pinangsori.

Ke-empat pelaku telah berkumpul di depan indomaret Pinangsori. Pelaku JPS memberikan obeng kepada LDS, diikuti pelaku HSL menyerahkan gunting kepada pelaku LDS. Lalu, LDS memasukkan obeng dan gunting ke dalam tas ransel warna coklat yang dibawanya. Ke-empat pelaku menaiki angkot menuju Pandan Tapteng-turun di simpang Jago-jago Desa Lopian. Lalu berjalan sejauh 5 Km menuju SMP Negeri 3 Badiri. Setiba-nya di lokasi sekolah, ke-empat pelaku berpura-pura duduk di kantin bertujuan menunggu anak sekolah pulang.

Pukul 10.15 Wib, lonceng sekolah berbunyi, para siswa/i SMP Neg 3 Badiri pulang dan diikuti keempat pelaku keluar dari lokasi sekolah. Seolah-olah juga pulang sekolah dan berhenti disebuah pondok sekitar 100 m dari SMP Neg 3 Badiri, bertujuan menunggu semua siswa/i pulang.

Setelah dirasa sepi, keempat pelaku berjalan dari gang samping sekolah menuju ke bagian belakang tepatnya ke kantin sekolah. Waktu itu kantin digembok, lalu pelaku LDS bersama pelaku AH mencongkel gembok pintu kantin menggunakan gunting, sementara pelaku HSL dan JPS mengawasi orang sekitar.

Aksi Pelaku LDS dan AH; berhasil merusak gembok pintu kantin, lalu masuk ke dalam kantin dan mengambil Septor (sepedamotor) Yamaha Mio Soul warna putih-hitam yang terparkir didalam. Pelaku LDS dan AH mencongkel kunci kontak Septor menggunakan Obeng sampai kunci stang terbuka tetapi tidak dapat menghidupkan mesinnya. Lalu Septor dibawa keluar kantin dan selain mengambil Septor kedua pelaku juga mengambil 3 (tiga) pasang sepatu milik korban dan dimasukkan ke dalam ransel yang dibawa pelaku.

Kemudian pelaku membawa Septor dengan cara didorong,- tujuannya ke bengkel di Dusun I Desa Aek Horsik untuk dapat menghidupkan mesinnya. Dan Saat Septor diperbaiki pihak bengkel. Dilihat korban RF- lalu bertanya kepada orang yang sedang memperbaiki;; Sepeda motor siapa ini bang ?" Dan tukang bengkel menjawab "Mereka bang.." sambil menunjuk ke-empat pelaku yang duduk dibadan jalan diseberang jalan dari bengkel.

Melihat pemiliknya datang, keempat pelaku melarikan diri menuju persawahan dan dikejar oleh korban dan masyarakat. Dan 3 orang pelaku bernama JPS, AH dan HSL tertangkap warga di dekat Panti Asuhan Sion Ds Aek Horsik. Sedangkan LDS melarikan diri. Kemudian masyarakat menghubungi Polsek Pinangsori- Laporan warga langsung ditindaklanjuti Kapolsek Iptu Kando Hutagalung, SH bersama tim personil menuju ke TKP. Ketiga pelaku langsung diamankan.

Setelah ketiga tersangka diamankan dan dimintai keterangannya; tim telah mengamankan LDS yang sebelumnya melarikan diri dan ditangkap disekitar rumahnya bersama barang bukti lainnya,- dan selanjutnya para pelaku dibawa ke Polsek Pinang Sori Tapanuli Tengah,- guna proses hukum lebih lanjut.

fokusliputan.com_BetaSimatupang