Pelatihan Sinergitas TNI-Polri,Pemko, “Penanggulangan Bencana Alam, Tahun 2021”

fokusliputan.com_Sibolga

Adapun maksud dan tujuan kegiatan adalah untuk menyamakan persepsi antar instansi terkait terkhususnya antisipasi penanganan bencana alam sedini mungkin di Kota Sibolga terkhusus-nya saat sekarang ini, dimasa pandemi covid-19, baik kesiapan personil maupun penggelaran sarana dan prasaranana yang dibutuhkan.

Perlu kita ketahui bersama dalam penyelenggaraan antisipasi bencana alam terdiri atas 3 tahap sebagaimana diatur dalam UU No.24 Tahun 2017 tentang antisipasi bencana dan Perpres No.17 Tahun 2018 tentang penyelenggaraan antisipasi becana dalam keadaan tertentu yaitu : Prabencana, Tanggap darurat, Pasca Bencana.

Kategori bencana dan keadaan darurat bencana yaitu peristiwa atau rangkaian yang mengancam dan mengganggu kehidupan Masyarakat yang disebabkan oleh faktor alam atau non-alam serta manusia yang mengakibatkan timbul korban jiwa, kerugian harta benda dan berdampak pada Psikologis serta kerusakan lingkungan yang memerlukan penanganan segera. Perlu kita ketahui bahwasanya becana wabah covid-19 di Kota Sibolga sudah menyebar luas ke masyarakat, sesuai dengan laporan gugus tugas satgas Penanganan covid-19, disampaikan dalam sambutan Walikota Sibolga yang diwakili oleh Asisten I.

Selasa tanggal 23 Maret 2021 dimulai pukul.09.00 wib, bertempat di Lapangan Simare-Mare Kota Sibolga Jl.Sutomo Kel.Simare - Mare Kec.Sibolga Utara kota Sibolga telah berlangsung kegiatan Pelatihan Sinergitas TNI, Polri dan Pemko Sibolga dalam Penanggulangan Bencana Alam tahun 2021.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut; Kapolres Sibolga AKBP Triyadi SH SIK, Wakapolres Sibolga Kompol Ronson Sihombing SH, Kabag Ops Kompol Jono Sirait SH, Danramil Sibolga Mayor Kav Arwan, Kasubag Bin Ops AKP Misrianto, S.Sos, Kasat Polair AKP M Sihombing SH, Kasat Lantas AKP Suprihanto P SH, Kasat Sabhara Iptu Suparjo SH, Pasi Ops Lanal Sibolga Lettu Laut P Jafril, Ksb Humas Iptu R.Sormin SAg. Kodim 0211/TT. Jajaran Pemko Sibolga, Mewakili Basarnas Sibolga-Tapteng, Personil Polres Sibolga, Personil BPBD, Personil Basarnas Sibolga-Tapteng, Anggota TAGANA.

Rangkaian kegiatan juga dilaksanakan, dengan Simulasi tanggap bencana oleh Kabag Ops Polres Siboga melalui Peta Tactical Floor Game.

FOKUS LIPUTAN FOTO : 

Posted By : Beta Simatupang



www.fokusliputan.com