Warga Tak Percaya Lagi, "Tugas Kepling Digantikan Sementara Oleh Lurah"

fokusliputan.com_Atas permasalahan yang ada dilingkungan VI, mendengar keputusan itu, masyarakat lingkungan VI membubarkan diri. Buntut mosi tidak percaya, masyarakat Link VI Aek Tampang, Kepling di Non-aktifkan.

Puluhan warga Lingkungan VI, Kelurahan Aek tampang, Kecamatan Padangsidempuan Selatan, Kota Padangsidimpuan-Sumatera Utara, menggelar aksi Mosi tak percaya kepada kepala Lingkungan (Kepling) dengan sambangi Kantor Lurah Aek Tampang, Senin (22/02/2021).

Pantauan fokus liputan.com, puluhan warga lingkungan VI, menyampaikan mosi tak percaya ke kantor Lurah Aek Tampang di dominasi kaum emak - emak.

Klik Vidio : 

Akibat Mosi tak percaya kepada Kepling (kepala lingkungan) itu di gelar satu musyawarah bersama yang berlangsung di kantor Lurah Aek Tampang yang di hadiri, Kasat Intelkam AKP Nazaruddin Siregar, Kasat Binmas AKP Sulhan Arifin Siregar, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Plt Camat Padangsidimpuan Selatan GN Hamonangan Nasution, Lurah Aek Tampang Ahmad Jumad, Kepala lingkungan VI Asrul Alinapis Harahap.

Dari hasil musyawarah itu di sepakati untuk dilakukan pembinaan terhadap Kepala lingkungan VI Kelurahan Aek Tampang yang dilakukan oleh tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh agama. Hal itu di lakukan untuk mengembalikan kembali kepercayaan masyarakat terhadap kepala lingkungannya.

Selaku Plt Camat Padangsidimpuan Selatan GN Hamonangan Nasution dalam arahannya; meminta Lurah Aek Tampang untuk memantau kinerja Kepala lingkungan VI yang dibantu oleh hatobangon dan tokoh masyarakat.

Camat Padangsidimpuan Selatan menuturkan dimasa pembinaan masyarakat , jangan sampai beranggapan bahwa pemerintah dan tokoh masyarakat berpihak kepada Kepling VI. Manusia tidak luput dari kesalahan, jadi pada masa pembinaan apabila Kepala lingkungan VI tetap tidak ada perubahan dan tetap melakukan kesalahan maka akan kita bahas kembali di musyawarah berikut nya.

Karena merasa tidak puas akan hasil dari musyawarah itu masyarakat tetap pada pendiriannya meminta Kepala lingkungan VI kelurahan Aek Tampang kecamatan Padangsidimpuan agar segera dicopot.

Salah satu warga Lingkungan VI Kelurahan Aek Tampang Elis Mardiana Ritonga disela sela aksi mengatakan; adapun alasan warga mendatangi kantor Lurah Aek tampang untuk menyampaikan beberapa tuntutan diantaranya;; tidak adanya ketransparansian mengenai terpilihnya Asrul Alinapis Harahap sebagai Kepala Lingkungan VI kelurahan Aek Tampang. Serta Tidak dilibatkannya Naposo Nauli Bulung di dalam pemilihan yang bersangkutan. Kami dari masyarakat merasakan kurang efektifnya beliau dalam menjalankan kinerjanya sebagai kepala lingkungan.

Menurutnya; kepala lingkungan adalah bagian dari perangkat wilayah yang bertugas membantu lurah, camat bahkan walikota dalam hal hubungan social kemasyarakatan. Itulah sebabnya, kami butuh orang yang bisa bekerja secara efektif dan minimnya dalam penyelesaian masalah oleh beliau karena beberapa masalah yang timbul belakangan ini, dibarengi kurangnya tanggapan terhadap keluhan masyarakat.

Hal pendukung lainnya yang mendasari pergantian kepala lingkungan tersebut adalah minimnya penyelesaian masalah, seperti maraknya peredaran narkoba yang timbul belakangan ini dan kurangnya perhatian dari Kepling terhadap keluhan masyarakat. Semua persoalan yang ada itu, berdasar. Kami sebagai masyarakat punya penilaian tertentu, terkait kinerja kepala lingkungan kami, beber masyarakat setempat.

Sekira pukul 13.00 Wib kembali dilakukan musyawarah internal di kantor Lurah Aek Tampang dengan hasil musyawarah sebagai berikut : Bahwa Kepala lingkungan VI kelurahan Aek Tampang kecamatan Padangsidimpuan Selatan sementara di non-aktifkan dan digantikan sementara oleh lurah Aek Tampang untuk berkoordinasi dengan Pemko Padang Sidimpuan atas permasalahan yang ada dilingkungan VI. Mendengar keputusan itu, masyarakat Lingkungan VI membubarkan diri kembali kediaman masing masing dalam keadaan aman dan tertib.

fokusliputan.com/Rahmat ENst