Kata Medsos Kelima Warga Itu Terinfeksi VC, “Yang Baru Pulang Dari Malaysia”

fokusliputan.com_Sibolga

Kapolsek Sibolga Sambas Iptu R.Panjaitan SE didampingi Unit Intel langsung melakukan pengumpulan bahan keterangan terhadap 5 (lima)_orang warga Sibolga yang baru pulang dari Malaysia. (17/03/2020) 


Dalam rangka pencegahan virus corona di Indonesia khususnya di kota Sibolga. Informasi awal diketahui berasal dari medsos yang di posting oleh akun FB an:SOENIA LOONY CEWE CU'TE tertanggal 15 Maret 2020 yang mengupload foto diakunnya dan mengatakan bahwasanya orang yang ada di foto itu baru pulang dari Malaysia dan positif terinfeksi virus corona (VC).

Berdasarkan catatan yang diterima fokusliputan.com dari petugas; diketahui warga tersebut bernama SG  21 tahun Sibolga, MA 28 tahun Sibolga, YA 27 tahun Sibolga, DC Sibolga, dan RR 20 tahun Tapanuli Tengah. 

Tanggal 04 Maret 2020 SG bersama temannya, berangkat ke Malaysia melalui bandar udara Silangit, dan berada di Malaysia selama 04 hari dan kembali ke Sibolga pada Minggu tanggal 08 maret 2020 melalui bandar udara Silangit dan tiba di Sibolga sekitar pukul 14.00 wib dengan menumpang travel, tujuan mereka ke Malaysia adalah untuk menghadiri Akad Nikah sepupu sekalian perjalanan wisata, beber Iptu R.Sormin,SAg. 

Selanjutnya , dari hasil pulbaket (pengumpulan bahan keterangan) diketahui bahwa ke-5 warga tersebut yang baru pulang dari  Malaysia sampai saat ini dinyatakan negatif dari virus corona yang di nyatakan dari Dinkes Sibolga(surat keterangan terlampir). 


Namun status ke-5 warga tersebut masih berstatus dalam pengawasan dari pihak Dinkes kota Sibolga sampai dengan tanggal 22 maret 2020, dan dari Dinkes kota sibolga melakukan pemeriksaan setiap harinya terhadap kelima warga tersebut. Dari hasil pemerikasaan Dinkes Sibolga, kelima warga itu yang baru pulang dari Malaysia dinyatakan masih negatif virus corona_manakala tanggal 22 maret 2020 tidak ada ditemukan gejala virus corona, maka status ODP (orang dalam pemantauan) akan di cabut oleh pihak Dinkes kota sibolga. 

Untuk itu, agar mengurangi kegiatan diluar rumah serta berinterkasi dengan warga sekitar dan tetap memakai masker, memberi himbauan  kepada warga melalui Kepala Lingkungan agar tetap waspada dan menjaga kebersihan lingkungan dan tidak mudah mempercayai berita berita di medsos yang belum pasti kebenaranya untuk meredam gejolak sosial ditengah tengah masyarakat. Dan, tetap berkoordinasi dengan pihak Dinkes dalam memonitor perkembangan kesehatan ke lima warga tersebut.

fokusliputan.com/Beta Simatupang