Kami Berharap Pihak BNPB Dan Kementrian PUPR Menanggapinya, ”Lahan Sawah Pertanian"

fokusliputan.com_Aceh

Setiap musim penghujan, sungai tersebut meluap serta selalu mengeruk lahan pertanian persawahan kami, bahkan sudah mengacam permukiman desa Gumpang Lempuh. Kami berharap pihak BNPB maupun pihak kementrian PUPR dapat segera membangun-nya, agar lahan pertanian serta permukiman bisa aman dari terjangan sungai alas. 


Diinformasikan, Badan Nasional Penangulangan Bencana (BNPB) bersama Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Gayo Lues telah meninjau langsung lokasi _sungai Alas yang terletak di desa Gumpang Lempuh, dan desa Putri Betung Jumat (05/07/2019). 

Kehadiran Jarwan Syah Spd,M.ap.MM bersama Tim dari BNPB dan BPBD untuk menindaklanjuti surat permohonan dari Pemkab Gayo Lues melalui BPBD untuk dibangun-nya tembok penahan sungai alas yang sudah menghacurkan lahan pertanian dan memberikan dampak buruk pada pemukiman masyarakat di wilayah kecamatan Putri Betung. 

Selanjutnya, masyarakat tampak berbahagia dengan kedatangan Tim tersebut karena rencanyanya akan dibangun tembok penahan sungai. Warga setempat, Rasid mengatakan “kami dari masyarakat sangat berharap kepada Pemerintah Pusat dapat merealisasikan pembangunan tembok penahan sungai alas secepat mungkin. 


Kepala BPBD Gayo Lues Suhaidi S.pd.Msi saat dikonfirmasi fokusliputan.com_menerangkan dari kedatangan pihak BNPB kelokasi kecamatan Putri Betung pasca bencana awal tahun 2019 lalu, dapat merealisasikan permohonan kita untuk dibangun-nya tembok penahan sungai seperti bronjong pengaman untuk menyelamatkan lahan pertanian serta permukiman di kecamatan Putri Betung. 

“Kalau dana dari APBK Gayo Lues untuk dibangun-nya tembok penahan tersebut tidak memungkinkan, karena volume-nya sangat besar, untuk itu kita berharap agar pihak BNPB maupun pihak PUPR dapat mengalokasikan dana dari APBN untuk pembangunan tembok penahan pada sungai alas di wilayah kecamatan Putri Betung", ujarnya

Semoga harapan masyarakat untuk lahan pertanian, yang menjadi mata pencaharian warga setempat mendapat respon yang baik dari pemerintah pusat ; harap warga.


fokusliputan.com_MDaud/Aceh