Wakil Rakyat Dari Sibolga Kunjungi Pavaliun Sibolga Di Pekan Raya Sumatera Utara

fokusliputan.com_Medan

Sudah perlu renovasi dan inovasi baru serta menjajahkan produk kreasi yang lebih menarik". Wakil Ketua DPRD Jamil Zeb Tumori, SH, MAP mengunjungi Pavaliun Kota Sibolga dilokasi Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) Medan Sumatera Utara, 28/03/2019. Dalam kunjungannya ke 'rumah' pameran kota berbilang kaum ini, dirinya merasa sudah saatnya berbenah. 


Kritik dilontarkan Jamil melihat monotonnya Pavaliun Kota Sibolga yang tampil begitu saja. Padahal Kota Sibolga sangat kaya akan adat budaya serta sejarah dan potensi produk serta kreasi kerajinan tangan yang seharusnya bisa memikat pengunjung. 

"Ya... Pavaliun ini harusnya lebih mendeskripsikan Kota Sibolga, ketika pengunjung datang mereka lebih kenal Sibolga dan menyukai sajian kita. Dari tahun ke tahun, tampilan kita hanya begini saja tidak ada inovasi, jadi akhirnya sudah ketebak isinya apa. 

Jadi perlu inovasilah. Harusnya Kita lebih mengeksplor kekayaan budaya kita disini. Banyak yang bisa kita tampilkan selain baju adat, langit-langit serta pelaminan", kata Jamil. 

Jamil berharap kedepan tampilan Pavaliun bisa lebih atraktif dengan memanfaatkan bantuan media seperti video dokumentasi dan recording sikambang untuk diperdengarkan sebagai lagu khas pesisir. 


Selanjutnya, Jamil menyayangkan minimnya pembeli yang tertarik belanja di Pavaliun Sibolga karena suguhan Kota Sibolga kurang autentik. "Hanya baju sablon atau batik yang bisa didapat dimana saja. Kita harusnya sajikan keunikan yang langka bisa diperoleh dari yang lain selain di Pavaliun ini. Di PRSU orang lebih mencari Kerupuk Sambal dan sebagian Ikan Asin. Kreasi tangan kita harusnya lebih berharga". Kedepan, lanjut Jamil. Ini PR kita bersama untuk memperbaiki Pavaliun Kota Sibolga agar lebih menarik dan meningkatkan transaksi agar ada income ke Kota Sibolga.