Pelatihan Sispam Polres Sibolga Jelang Pileg Pilpres 17 April 2019.

fokusliputan.com_Sibolga

Pelatihan Sispam Kota Polres Sibolga merupakan Siap Siaga Polres Sibolga dalam menghadapi pemilihan legislatif dan Pilpres pada 17 April 2019. Kamis,14 Februari 2019 pukul 08.30 wib bertempat di Lapangan apel Polres Sibolga dalam rangka Pengamanan Pemilu 2019 di Wilayah Kota Sibolga yang dipimpin oleh Waka Polres Sibolga Kompol Gunawan Hery Sudarto S.Sos,MH dan Kabag Ops Polres Sibolga Kompol Sutrisno.SH.  


Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakapolres KOMPOL Gunawan Hery Sudarto S.Sos,MH, Kabag Ops KOMPOL Sutrisno,SH, Kabag Sumda KOMPOL Priyatno. Kabag Ren KOMPOL Kamaludin Nababan,SH, Kasat Intel AKP Saut Silitonga,SH. Kasat Lantas AKP Binsar P Aritonang,S.Sos, Kasat Reskrim AKP Azhari,SE, Kasat Binmas AKP Pesta Simarmata, Kasat Sabhara AKP Agus Adhitama,SE, Kapolsek Sambas IPTU Kuson Butar Butar,  Kapolsek Selatan IPTU Prio Ahmad Prihatin, Personil Polres Sibolga, Personil Satpol PP, Personil Pemadam Kebakaran Damkar. 



Kepada wartawan, Kapolres Sibolga AKBP Edwin Hatorangan Hariandja melalui Humas Polres Sibolga Iptu Ramadhan Sormin,SAg menyampaikan rangkaian kegiatan simulasi yakni Kantor KPU mulai berdatangan masyarakat yang ingin menyumbangkan suaranya untuk memilih kepala negara RI. Berlangsung Latihan Awal Skenario Keributan di TPS karena tidak merasa puas para pemilih ketika perhitungan di TPS dan Skenario perampasan kotak suara yang dikawal petugas Polri dan linmas menuju Kantor  PPK. Adanya keributan di TPS dari para Pemilih yang tidak puas akan hasil Pemungutan Suara serta hasil rekapitulasi . Kemudian skenario kedua dilakukan Penghadangan dan perampasan kotak suara oleh kelompok orang yang tidak dikenal (OTK) ketika Surat suara dikawal petugas Polri menuju PPK. 

Selanjutnya, Pelaku perampasan kotak suara dapat diamankan oleh Petugas TPS,Team patroli, dan unit Opsnal Polres Sibolga yang tanggap serta responsif. 



Maka para pelaku diamankan dan diproses sesuai dengan aturan yang berlaku dan kotak suara yang berisi surat suara aman dan baik diantar sampai Kantor PPK. Skenario ke Tiga terjadi keributan di kantor KPUD sebab tidak terima salah satu dari Parpol yang diduga ada kecurangan perhitungan suara. Terlihat massa pendukung paslon pada pemilu 2019 yang kalah mengamuk dan melakukan tindakan anarkis dengan melempari Kantor KPU. Massa semakin anarkis dan menerobos masuk ke kantor KPU yang di jaga oleh tim dalmas awal dan personil PAM namun sudah mulai aksi pelemparan terhadap Penyelenggara. Satu peleton dalmas lanjut tiba di kantor KPU dan menyusun formasi untuk mengamankan massa. Tim Dalmas lanjut telah berhasil menggiring dan mendorong massa keluar dan menjauh dari Kantor KPU dengan bantuan pemadam kebakaran. 

Seluruh rangkaian kegiatan latihan berakhir pada pukul 10.00 wib berlangsung dengan aman, tertib dan lancar, serta dilanjutkan dengan foto bersama.