APK Golkar Bergambar Akbar Tandjung dirusak di Sibolga

fokusliputan.com_SIBOLGA 

Dewan Pengurus partai Golkar Kota Sibolga, Rabu (16/1) mendatangi Kantor Bawaslu Kota Sibolga. Kehadiran Beberapa unsur Pengurus Partai berlambang beringin tersebut, untuk melaporkan ratusan APK milik Calegnya yang di rusak oleh Oknum yang tidak bertanggung jawab. 


Laporan tersebut di sampaikan oleh Ketua DPD partai Golkar Sibolga Jamil Zeb Tumori kepada Ketua Bawaslu Kota Sibolga Zulkifli Sigalingging. 

Jamil menyampaikan, pengrusakan sejumlah APK milik calegnya merupakan tindakan criminal, pasalnya selama masa pemilu APK merupakan salah Satu Fasilitas Negara yang di siapkan oleh KPU harus dijaga oleh semua pihak. 

“Ini sudah tindakan kriminal, pengrusakan oleh OTK ini sudah tidak dapat di tolerir, oleh karenanya kami meminta ke Bawaslu jaminan keselamatan APK ini, karena APK bagian yang tidak dapat dipisahkan dari proses pemilu,” Ungkap Jamil. 

Lanjut Jamil Perusakan sejumlah APK milik Caleg Partai Golkar baik yang di keluarkan oleh KPUD Sibolga maupun tambahan, menurutnya telah diletakkan sesuai tempat yang ditentukan, namun pada kenyataan tidak ada jaminan keamanan terhadap APK partai Politik. 


“Kami tidak mau berspekulasi apakah ini perbuatan partai lain untuk menjatuhkan Golkar atau lainnya, tapi, kami sangat menyesalkan perilaku tersebut, jika ingin bersaing, maka bersaing dengan sehat, rebut hati rakyat dengan fair, kepada Bawaslu untuk memproses laporan ini agar tidak ada kejadian serupa perusakan APK terhadap partai peserta pemilu,” pintanya. 

Diketahui, sejumlah APK milik Partai Golkar dibubuhi beberapa foto tokoh nasional partai yang berasal dari kota sibolga diantaranya foto Akbar Tandjung selaku Wakil Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar yang ikut di rusak OTK. 

Sementara Ketua Bawaslu, Zulkifli Sigalingging menyampaikan, laporan yang disampaikan oleh partai Golkar akan ditindak lanjuti sesuai prosedur, namun akan memakan waktu yang lama, karena oknum yang dilaporkan tidak ada, kendati demikian masukan dan saran yang disampaikan pengurus Golkar Kota Sibolga menjadi perbaikan. 

“Bawaslu bersama seluruh jajaran akan semaksimal mungkin melakukan pengawasan, kasus perusakan APK ini yang dilaporkan akan dilanjutkan kepada Bidang Gakumdu, untuk di tindaklanjuti,” ujarnya. 

Zulkifli meminta kepada seluruh peserta pemilu agar tetap menjaga pemilu yang bersih tanpa dicederai perilaku – perilaku yang dilarang oleh Undang – undang. Ia menambahkan kepada partai politik atau caleg yang memasang APK tetap memperhatikan norma estetika, sehingga tidak ada lagi insiden perusakan.