Tutup Indonesia International Bikers Week Gathering, Wagubsu Usulkan Digelar Setiap Tahun

fokusliputan.com_MEDAN

Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah menutup secara resmi acara Indonesia International Bikers Week Gathering di Lapangan Benteng, Sabtu malam 01/12/2018. Wagubsu berharap even tersebut bisa digelar secara rutin setiap tahun. Even yang digelar sejak 29 November 2018 dan dirangkai dengan Festival Kuliner dan Kopi Olahan UKM Sumatera Utara ini, menghadirkan berbagai klub motor seperti Harley-Davidson Club' Indonesia (HDCI) dan Xtrim Indonesia serta lainnya. 


“Jika boleh, even silaturahmi klub motor besar ini jangan hanya diadakan dua tahun sekali. Paling tidak harus diadakan setahun sekali," kata Wagubsu Musa Rajekshah. 

Wagubsu mengatakan bahwa kegiatan klub motor ini sangat positif dan banyak manfaatnya. Juga membantu pemerintah daerah di segala sektor. Secara ekonomi, even tersebut bisa mendongkrak kunjungan pariwisata di Sumut. "Yang datang ke sini pasti belanja, membawa oleh-oleh ke daerah masing-masing, tidak hanya oleh-oleh, cerita pariwisata tentang daerah Sumut juga akhirnya dibawa ke luar Sumut sampai ke luar negeri," ujar Musa Rajekshah yang akrab disapa Ijeck. 

Karena itu, kata Ijeck, ke depan pemerintah, baik pusat maupun daerah, hendaknya dapat memberikan dukungan terhadap kegiatan tersebut. Sehingga kegiatan klub motor ini dapat digelar secara rutin dan dapat memberi manfaat bagi daerah. 


Mewakili Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu), Wagubsu juga mengapresiasi penyelenggaraan Indonesia Bikers Week yang berjalan dengan lancar dan damai. Wagubsu berterima kasih pada para peserta yang jauh-jauh datang dari daerahnya masing-masing. 

Di dunia motor, kata Wagubsu, tidak ada kepentingan politik. Semua orang sama di dunia motor. Semua jenis motor bergabung di acara silaturahmi tersebut. "Yang satu hobinya minta jalan mulus, yang satu minta jalan berlumpur, kita semua sama, motor besar, motor kecil, kalau kena hujan sama-sama basa, inilah manfaatnya acara ini, silaturahmi," katanya. 

Wagubsu yang juga Ketua HDCI Sumut, juga sempat mengutarakan dirinya yang kepingin menaiki motor bersama teman-temannya. "Dari kemarin saya melihat teman teman luar biasa naik motor sementara saya asik melihat saja," katanya bercanda. 


Musa Rajekshah juga memberikan plakat hadiah ulang tahun kepada pendiri klub XTrim Indonesia yang ke-15 sekaligus melakukan pemotongan kue sepanjang 15 meter bersama Ketua Umum HDCI Nanan Sukarna dan Ketua Umum Expedition Trail Mania (XTrim) Indonesia Musa Idishah. 

Sementara itu, Ketua Umum HDCI Pusat Nanan Sukarna mengatakan bikers Indonesia harus selalu bersama. Bikers tidak dibedakan dari politik, jabatan, pangkat sampai jenis motor yang digunakan. “Selain itu, bikers Indonesia harus bersatu menunjukan simpati kepada masyarakat,” ujarnya. 

Ketua Umum Extrim Indonesia Musa Idishah yang akrab disapa Dodi mengharapkan even tersebut bisa merekatkan tali silaturahmi dan persaudaraan antar bikers. "Insya Allah semua kawan ikut dalam kegiatan ini bisa bersaudara, tidak hanya di Sumatera tapi di Indonensia," katanya. 

Meski ditutup Sabtu malam, kegiatan masih berlanjut hingga Minggu 02/12/2018. Stand-stand masih dibuka hingga Minggu. Penutupan acara malam itu begitu meriah lantaran sekaligus merayakan ulang tahun Xtrim Indonesia yang ke-15. Di penghujung acara malam itu, para peserta dan pengunjung dihibur dengan penampilan penyanyi dangdut Janeta Janet. 

Turut hadir dan mendampingi Wagubsu, Wakil Ketua TP PKK Sri Ayu Mihari, Kepala Dinas Koperasi Amran Uteh Rambe, Bupati Labuhanbatu Utara Kharuddin Syah, serta para bikers dari seluruh Indonesia dan luar negeri.