Proses Transisi, Januari 2019 Bandara Dr FL Tobing Tapanuli Tengah Sudah Dikelola Angkasa Pura

fokusliputan.com_TAPANULI TENGAH

Informasi yang diterima FOKUS LIPUTAN dari situs resmi Kemenhub RI Budi Karya Sumadi meminta PT Angkasa Pura 2 supaya mengelola beberapa bandara termasuk Bandara FL Tobing Kabupaten Tapanuli Tengah dan Bandara Binaka Kabupaten Nias. Sesuai dengan arahan Presiden RI Joko Widodo dalam nawa cita untuk terus membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa. Kementerian Perhubungan akan memperkuat konektivitas antar daerah dengan memaksimalkan simpul transportasi yang ada dimasing-masing daerah-bandar udara.


Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi (Sabtu,11/8/2018) dalam acara Seminar & Workshop Seminar & Exhibition “ Airport of The Future : Smart Connected Airport in Disruptive Era Kantor Pusat PT Angkasa Pura 2 memaparkan “ Kita memang ada target konektifitas sampai 2024, tapi ini kan berjalan. Konektivitas itu kan sampai Kalimantan Utara, Papua, kami akan menugaskan kepada AP2 untuk mengelola bandara-bandara yang sudah bisa memberikan keuntungan. Kegiatan tersebut dihadiri Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, serta CEO PT Angkasa Pura 2 Muhammad Awaluddin.

Untuk bandara yang dikelola diantaranya ada di Palangkaraya, Lampung, Belitung, Tapanuli Tengah, Bengkulu, Nias, sekaligus di Wirasaba.


Menanggapi informasi tersebut, FOKUS LIPUTAN mengkonfirmasi kepada Kepala Bandar Udara Dr.FL Tobing Tipriyanto melalui Humas Bandar Udara Tapanuli Tengah Jansen Saragih mengatakan terkait rencana itu memang benar. Bahwa, Bandara Dr FL Tobing Tapanuli Tengah memang direncanakan untuk dikelola oleh Angkasa Pura 2.

Lanjutnya, beberapa waktu yang lalu, sudah dilakukan sosialisasi dari pihak Direktorat Jenderal Perhubungan Udara dan Angkasa Pura terkait SDM dan penanganan Aset yang ada.

Menyangkut transisi, Jansen menambahkan saat ini proses transisi akan dilakukan oleh pihak Angkasa Pura dan Bandar Udara FL Tobing dengan target Desember sudah selesai. Sehingga Januari 2019 Bandara sudah dikelola oleh pihak Angkasa Pura.

Terkait dengan pegawai, disediakan 3 (tiga) opsi ; pertama, pindah status ke Angkasa Pura. Kedua, diperbantukan ke Angkasa Pura. Ketiga, tetap di Direktorat Jenderal Perhubungan Udara.

Selanjutnya, terkait dengan Aset , Humas menuturkan seluruh aset di bandara FL Tobing sudah di invertarisasi dan diserahkan ke pihak Angkasa Pura.

Tepat tanggal 14 Agustus 2018, Landscape Bandara Dr.FL Tobing Tapanuli Tengah telah terpasang, dan informasi sementara yang kita peroleh dilapangan, Plt Kepala Bandara Tipriyanto telah pindah tugas, dan sudah ada penggantinya.