Penandatanganan PKS, Antara KKST Buru & BNI Cab Ambon

fokusliputan.com_Usai mengikuti pelantikan Pengurus Daerah Kerukunan Keluarga Sulawesi Tenggara (KKST) Kabupaten Buru periode 2023-2028, di Alun alun MTQ Namlea, Kabupaten Buru pada sabtu kemarin 2/9/2023

Bank Negara Indonesia (BNI) Cabang Ambon secara simbolis melakukan penyerahan KUR kepada anggota KKST dan kartu anggota KKST kepada ketua KKST Kabupaten Buru Azis Tomia.

Selain itu juga dilakukan penandatangan PKS (Perjanjian Kerjasama) antara BNI cabang Ambon dengan KKST Kab Buru.

Adapun hadir pada saat acara penandatangan PKS dari BNI cabang Ambon yaitu Alexander Naping selaku Pemimpin cabang Ambon di dampingi wakil pemimpin cabang Amin Tohari dan juga pemimpin KCP Namlea Efi Efendi dan kepala kredit cabang Pembantu Namlea Muh Qadry.

Turut disaksikan secara lansung oleh Gubernur Maluku, Murad Ismail, Ketua TP PKK Maluku, Widya Murad Ismail yang didampingi Sekda Maluku, Sultan Buton La Ode Muhammad Izat Manarfa, beserta perangkat Adat Kesultanan Buton yakni Armin, jabatan sebagai Bonto Ogena Sukanaeo, La Ode Muhammad Arsal, jabatan Kapitalao Matanaeo, Ir. Yusri Aim jabatan Juru Tulis dan Rustam Rusli, jabatan Bontona Melai, Wakil Bupati Wakatobi Ilmiati Daud, Penjabat Bupati Buru, Djalaludin Salampessy dan Ketua TP PKK Kabupaten Buru, Mega Azizah Salampessy.

Kemudian, Ketua DPRD Buru M. Rum Soplestuny dan anggota, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Buru Selatan, La Hamidi dan anggota, Sekda Buru, M. Ilias Hamid, Dandim Kodim 1506/Namlea, Letkol Arh Agus Nur Fujianto, Kapolres Pulau Buru, AKBP Nur Rahman.

Sebelumnya Ketua KKST Kabupaten Buru Azis Tomia mengatakan dalam menjawab keluhan dan kebutuhan warga KKST di Kabupaten Buru yang sebagian besar bergerak di dunia usaha, perikanan dan pertanian, yang selama ini mengalami kesulitan untuk memperoleh akses pinjaman melalui perbankan yang cepat dan mudah. 

Maka dengan ini Azis meminta di hadapan Gubernur Maluku bahwa kami akan menandatangani perjanjian kerja dengan BNI Cabang Ambon dalam meningkatkan penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) kepada seluruh warga KKST dari Waehotong sampai Namlea Ilath," ucapnya.

Azis berharap dengan adanya kemudahan yang diperoleh seluruh warga KKST dapat menjadi pelaku usaha UMKM baru yang memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan perekonomian di negeri ini sekaligus.

"Menjadi bagian dari usaha KKST Kabupaten Buru mendukung program gubernur menciptakan 11.000 pelaku UMKM baru," tandasnya

Sementara itu Gubenur Maluku Murad Ismail berharap KKST Kabupaten Buru harus mampu merumuskan program-program strategis untuk mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat di sektor ekonomi greate, dan meluangkan semangat wirausaha. Bukan hanya untuk warga KKST saja tetapi juga untuk warga Maluku lainnya khususnya kepada Pemda, Pemuda dan Mahasiswa di Bumi Bupolo. 

Gubenur juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak bank BNI yang sudah terlibat mendukung UMKM. "Untuk BNI dan perbankan, kami juga berterima kasih karena sudah terlibat untuk mendukung UMKM kami khususnya hari ini kita berada dalam kelompok KKST. 

Dikesempatan yang sama Penjabat Bupati Buru Djalaludin Salampessy menambahkan selain KKST, pemerintah juga akan mendorong kerukunan paguyuban lainnya. Bukan saja dengan BNI tetapi juga dengan perbankan yang lain dalam sistem tata kelola ekonomi agar bisa tumbuh dan berkembang dalam membantu pelaku UMKM di Kabupaten Buru.(Sofyan M)