Rembuk Stunting 2023; Jangan Sampai Rembuk Stanting, Hanya Formalitas

fokusliputan.com_ Pemerintahan desa kota guring kecamatan rajabasa mengadakan Rembuk Stunting 2023 di ruangan Kantor Desa kota guring.

Melalui kovergensi pencegahan Stunting kita wujudkan sumber daya manusia yang unggul menuju indonesa maju. Turut hadir dalam acara tersebut, adalah kepala desa kota guring, warga setempat, Pendamping Desa, BPD, serta Camat kecaamatan rajabasa,  KUPT puskesmas, KUPT KB, dan bidan desa. 31/07/2023.

Deni Roziansah, selaku Kepala desa kota guring mengatakan "Saya menghimbau kepada ibu - ibu kader atau dari tim kesehatan dari puskesmas kesehatan, saya mengharapkan agar dapat memperhatikan anak - anak kita jangan sampai Rembuk stanting ini hanya pormalitas saja karna, karna ini ada dana nya jadi jangan sampai tidak seriyus untuk menjalankan nya, ucap nya.

"Dan saya juga mengharapkan  kepada ibu-ibu yang hadir di sini agar dapat mendengarkan dan memperhatikan acara ini dengan seriyu acara rembuk STUNTING ini aga kita lebih tau dan lebih paham. Terangnya. 

"Saptudin selaku Camat Kecamatan rajabasa mengatakan "Mudah- mudahan dengan adanya rembuk stanting ini kita dapat mencegah stanting yang ada di desa kita alham dulilah di desa kotaguring ini tidak ada anak kita yang terkena STUNTING, dan saya juga mengharapkan kepada ibu - ibu kader atau dari pihak kesehatan baik dari desa atau puskesmas agar dapat memperhatikan, anak - anak kita maupun ibu hamil  yang ada di desa kita, terang nya.

Dan saya juga mengharapkan kepada kader  kesehatan yang ada didesa agar dapat mendata warganya dengan betul -  betul jangan sampai warga kita yang terkena STUNTING tidak terdata. (Tambah nya)

"Ferdianna mardiarta selaku KUPT puskesmas rajabasa  mengatakan " kegiatan rembuk STUNTING ini melibatkan BKBN, Dinas Kesehatan, paud ,kader, kaur, TPK, dan Pendamping Desa 

Jadi kalo seandainya ada balita santing penanganan apa yang harus dilakukan , karna disini tidak ada STUNTING  jadi hanya ada BGM  dan  BGT serta 2T , anti sipasi BGT ,dan BGM, serta 2T ini anti spasi agar tidak stunting , jadi pihak desa sudah menggarkan PMT  posyandu dilaksanakan tiap bulan kunjungan rumah dilaksanakan supaya kita tau kondisi anak - anak yang ada di desa kita, jadi itu lah  yang kita bahas di acara rmbuk STUNTING ada di desa tadi.terang nya

"Purwantina selaku Pendamping Desa mengatakan " rembuk STUNTING ini penjelasan terkait masalah-masalah  konvergensi STUNTING misalkan di desa ada keluarga beresiko atau ada anak terkena STUNTING  misalkan,  jadi ini harus di selesaikan dengan rembuk STUNTING  permasalahan  - permasalahan  tersebut.  Kegiatan tadi  juga mengambil usulan-usulan  kegiatan STUNTING di tahun 2024. Tutup nya. (Imron)