Pawai Takbiran Keliling, Dalam Rangka Menyambut, Hari Raya Idul Adha 1444 H, Polres Sibolga Giat Pengamanan

fokusliputan.com_ Pastikan Aman Pawai Takbiran Keliling, Dalam Rangka Hari Raya Idul Adha 1444 H / Tahun 2023 M, Polres Sibolga Melaksanakan Pam (pengamanan)

Rabu, tanggal 28 Juni 2023 pukul 20.30 WIB, di Pelataran Masjid Agung Sibolga, Jalan Diponegoro, Kelurahan Pasar Belakang, Kecamatan Sibolga Kota, berlangsung Pawai Takbiran Keliling dalam Rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1444 H / Tahun 2023 M. Acara ini diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Sibolga.

Pawai Takbiran tersebut dihadiri oleh beberapa tokoh dan pejabat, antara lain Walikota Sibolga yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Sibolga, M. Yusuf Batubara, SKM, MM, Mewakili Dandim, Kasdim 0211/TT Mayor Inf. M. Khair SE, Mewakili Kapolres Sibolga, Kabag Ops Kompol Asmon Bufitra, S.H., M.H., Ketua DPRD Kota Sibolga, Ahmad Sukri Nazri Penarik, Spd, Wakil Ketua DPRD Kota Sibolga, Jamil Zebtumori, S.H., MAP., M.Kom, serta sejumlah tokoh Agama, tokoh Masyarakat dan tokoh Pemuda. Masyarakat Kota Sibolga juga turut hadir dalam acara tersebut.

Peserta Pawai Takbiran Mobil Hias berasal dari berbagai Jemaah Masjid di sekitar Kota Sibolga. Terdapat sembilan unit Mobil Hias yang ikut serta dalam Pawai Takbiran tersebut. Setiap Mobil Hias mewakili Masjid-Masjid di wilayah Kota Sibolga, seperti Masjid Al-Hijrah, Masjid Baiturrahmi, Masjid Al-Islah, Masjid Darur Rahmah, Majelis Taklim Hikbar Kota Sibolga, Masjid I'tidal, Masjid Al-Jihad, Masjid Budi Sehati, dan Masjid Ar Rahmad Kenanga.

Selain itu, terdapat juga sekitar 250 unit kendaraan bermotor yang mengikuti Pawai Takbiran Keliling di Kota Sibolga. Jumlah kendaraan tersebut terdiri dari sekitar 150 unit roda dua, 40 unit roda tiga, 55 unit roda empat, dan 5 unit roda enam.

Rangkaian acara dimulai dengan pembukaan, Pembacaan Ayat Suci Al-Quran oleh Sabda Alamsyah Tanjung dan doa yang dibawakan oleh Drs. H. Abdul Rahman Lubis. Selanjutnya, dilakukan Laporan Ketua Panitia oleh Asisten II Hendra Darmalius, A.Pi, M.M. Walikota Sibolga yang diwakili Sekda Pemko Sibolga, M. Yusuf Batubara, SKM, MM memberikan sambutan dan arahan, serta bimbingan kepada Peserta Pawai Takbiran. Ketua DPRD Kota Sibolga, Ahmad Sukri Nazri Penarik, Spd, memberikan penghormatan dan melepas Peserta Pawai Takbiran.

Setelah acara Pembukaan selesai, Peserta Takbiran memulai Pawai dengan rute yang telah ditentukan. Rute pawai dimulai dari Jalan Diponegoro (Mesjid Agung), kemudian melalui Jalan S. Parman, Jalan Zainul Arifin, Jalan Ade Irma Suryani, Jalan Sutoyosiswomiharjo, Jalan S.M. Raja, Jalan D.E. STB Panggabean, Jalan K.H.A Dahlan, Jalan R. Suprapto, Jalan Putri Runduk, Jalan Ahmad Yani dan berakhir kembali di Jalan Diponegoro (Mesjid Agung Kota Sibolga).

Untuk menjaga keamanan dan kelancaran Pawai Takbiran tersebut, Polres Sibolga menggelar Personel sebanyak 191, yang diterjunkan dalam Pengamanan Pawai Takbiran. Personel tersebut terdiri dari Den Pom 1/2 Sibolga sebanyak 2 personel, Kodim 0211 TT sebanyak 3 personel, Polres Sibolga sebanyak 66 personel, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) sebanyak 14 personel, Dinas Perhubungan (Dishub) sebanyak 86 personel, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sebanyak 10 personel, dan Dinas Kesehatan (Dinkes) sebanyak 10 personel.

Polres Sibolga telah mengambil berbagai tindakan untuk memastikan kelancaran acara. Personel Polres Sibolga bekerja sama dengan personel TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan Pemko Sibolga telah melaksanakan pengaturan lalu lintas dan patroli di sepanjang rute yang dilalui peserta pawai takbiran. Personel Satuan Intelkam juga melaksanakan deteksi dini, pemantauan, dan pengumpulan informasi terkait kegiatan tersebut. Selain itu, personel Satuan Lalu Lintas melakukan pengawalan sesuai rute yang ditentukan dan mengatur lalu lintas untuk memastikan kelancaran arus kendaraan. Personel Satuan Sabhara melakukan patroli dialogis di sekitar wilayah Kota Sibolga untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama acara.

Seluruh rangkaian Pawai Takbiran Keliling dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1444 H /  Tahun 2023 M di Kota Sibolga berakhir pada pukul 21.30 WIB. Meskipun acara berlangsung dengan partisipasi yang tinggi, namun berkat upaya Pengamanan yang baik, acara berjalan dengan aman, tertib, dan kondusif.

Pemerintah Kota Sibolga dan seluruh Peserta Pawai Takbiran menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam kelancaran acara tersebut. Semoga semangat kebersamaan dan rasa syukur dalam menyambut Hari Raya Idul Adha dapat terus terjaga dan menjadi momentum yang membawa kebahagiaan bagi seluruh Masyarakat Kota Sibolga. Acara Pawai Takbiran Keliling ini menjadi bukti solidaritas dan kebersamaan Umat Islam dalam merayakan Hari Raya Idul Adha.

FOTO: IPTU SUYATNO HUMAS RES POLRESTA SIBOLGA








fokusliputan.com_betasimatupang