Letkol Arh Agus Nur Fujianto, Pimpin Upacara, Peringatan Hari Lahir Pancasila.

fokusliputan.com_ Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) Letkol Arh. Agus Nur Fujianto memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang di gelar di lapangan upacara Makodim 1506 Namlea.

Dandim 1506/Namlea Letkol Arh. Agus Nur Fujianto dalam amanat Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan, pancasila merupakan dasar negara serta
landasan ideologi bagi Bangsa Indonesia.

“Setiap nilai luhur yang terkandung di dalamnya telah menjadi dasar hidup bernegara sejak konsep Pancasila diperkenalkan oleh Soekarno pada 1 Juni 1945. 

Di jelaskannya Peringatan hari lahir Pancasila merupakan momen untuk mengenang, menghormati, sekaligus menghargai perjuangan pendiri bangsa dalam merumuskan dasar negara Indonesia.

“Kita sebagai generasi penerus bangsa harus dapat memaknai Pancasila sebagai dasar negara dan sebagai landasan berperilaku dalam kehidupan bermasyarakat,” ujarnya.

Menurutnya, sebagai prajurit TNI, harus meyakini bahwa Pancasila adalah alat pemersatu bangsa yang harus dijaga sampai titik darah penghabisan.

TNI adalah garda terdepan dan
benteng terakhir NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Pegang teguh sumpah dan janji kalian untuk selalu setia kepada NKRI. Jangan terpengaruh dengan upaya memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

Tema peringatan hari lahir Pancasila kali ini juga sangat relevan dengan tantangan dan situasi yang sedang dihadapi oleh segenap bangsa Indonesia, yakni gotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global."Ucap Dandim.

Upacara Hari Lahir Pancasila berlangsung dengan khidmad dan tertib serta diikuti oleh seluruh Danramil Jajaran, Perwira staf Kodim 1506/ Namlea, Personel Kodim 1506/ Namlea, Sub Denpom XVI/2-2 Namlea dan Personel Kipan A Yonif 731/ Kabaresi.(MD)