Azis Tomia Resmi Dilantik, Sebagai Ketua KKST Kabupaten Buru

fokusliputan.com_Azis Tomia resmi dilantik sebagai Ketua Umum Pengurus Daerah Kerukunan Keluarga Sulawesi Tenggara (KKST) Kabupaten Buru periode 2023-2028, di Alun alun MTQ Namlea, Kabupaten Buru, Sabtu (2/9/2023).

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Buru ini sebelumnya terpilih dalam Musyawarah Daerah (Musda) Ke-III KKST Kabupaten Buru, di Kay Nawa Hotel, Kota Namlea, Kabupaten Buru, Sabtu (11/3/2023) lalu.

Acara pengukuhan sebagai Pengurus Daerah KKST Buru tersebut, Azis Tomia dan jajarannya dilantik oleh Ketua Umum Pengurus Wilayah (PW) KKST Provinsi Maluku, Junaedy Bole dan disaksikan oleh perwakilan Pengurus Pusat dan ribuan masyarakat Sulawesi Selatan.

Kegiatan pelantikan ini dihadiri langsung oleh Gubernur Maluku, Murad Ismail, Ketua TP PKK Maluku, Widya Murad Ismail yang didampingi Sekda Maluku, Sultan Buton La Ode Muhammad Izat Manarfa, beserta perangkat Adat Kesultanan Buton yakni Armin, jabatan sebagai Bonto Ogena Sukanaeo, La Ode Muhammad Arsal, jabatan Kapitalao Matanaeo, Ir. Yusri Aim jabatan Juru Tulis dan Rustam Rusli, jabatan Bontona Melai, Wakil Bupati Wakatobi Ilmiati Daud, Penjabat Bupati Buru, Djalaludin Salampessy dan Ketua TP PKK Kabupaten Buru, Mega Azizah Salampessy.

Kemudian, Ketua DPRD Buru M. Rum Soplestuny dan  anggota, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Buru Selatan, La Hamidi dan anggota, Sekda Buru, M. Ilias Hamid, Dandim Kodim 1506/Namlea, Letkol Arh Agus Nur Fujianto, Kapolres Pulau Buru, AKBP Nur Rahman.

Selanjutnya, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Buru,  
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku H. Yamin, Pimpinan BNI Kantor Cabang Ambon, dan para pejabat di lingkup Pemerintahan Kabupaten Buru, Raja Petuanan se-Kabupaten Buru, tokoh agama tokoh masyarakat dan tokoh pemuda.

Dalam sambutannya, Azis Tomia menyampaikan sebagai sebuah organisasi paguyuban pihaknya menyadari sungguh KKST Kabupaten Buru akan membutuhkan dukungan kerjasama yang sinergis dengan pemerintah dan seluruh stakeholder di daerah ini.

Berkenaan dengan itu, kata dia dalam menjawab keluhan-kebutuhan warga KKST di Kabupaten Buru yang sebagian besar bergerak di dunia usaha, perikanan dan pertanian, yang selama ini mengalami kesulitan untuk memperoleh akses pinjaman melalui perbankan yang cepat dan mudah. 

"Maka bersama ini kami laporkan kepada bapak Gubernur bahwa kami akan menandatangani perjanjian kerja dengan BNI Cabang Ambon dalam meningkatkan penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) kepada seluruh warga KKST dari Waehotong sampai Namlea Ilath," ucapnya.

Tomia berharap dengan adanya kemudahan yang diperoleh seluruh warga KKST dapat menjadi pelaku usaha UMKM baru yang memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan perekonomian di negeri ini sekaligus.

"Menjadi bagian dari usaha KKST Kabupaten Buru mendukung program gubernur menciptakan 11.000 pelaku UMKM baru," tandasnya. (Sofyan M)