Program Prioritas Kapolda Terwujud, Sat Samapta Polres Sibolga Sukses Gelar Patroli Perintis Presisi

fokusliputan.com_Jumat, 25 Agustus 2023 - Dalam upaya implementasi program prioritas Kapolda, Satuan Samapta Polres Sibolga menggelar Patroli Perintis Presisi pada hari Jumat, 25 Agustus 2023, dimulai pukul 16.00 WIB hingga selesai. Patroli ini bertujuan untuk menciptakan area publik yang aman dan nyaman bagi masyarakat.

Program ini didasari oleh UU No 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia, Peraturan Kepala Badan Pemelihara Keamanan Kepolisian Negara Republik Indonesia No 1 Tahun 2017 tentang Patroli, serta Keputusan Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan Polri Nomor : KEP/403/V/2023 Tanggal 30 Mei 2023 tentang Panduan Patroli Perintis Presisi Samapta Polri.

Dalam pelaksanaannya, Empat Personil Sat Samapta Polres Sibolga, yaitu BRIPKA JM. Saragih, BRIGADIR ERWIN Caniago, BRIPDA Lamhot Sinaga, dan BRIPDA Desmon Sibagariang, serta Personil Sat Intelkam dan Reskrim seperti BRIPTU Deva dan BRIPTU Andi Risky, bekerja sama untuk mencapai sasaran Patroli.

Sasaran Patroli meliputi penanganan gangguan Kamtibmas, Pencegahan Kriminalitas, Pemberantasan 3C (Curas, Curat, Curanmor), premanisme, dan kegiatan masyarakat. Patroli dilakukan di sejumlah lokasi strategis, termasuk Kantor KPU, Jl. Margaranti Sitompul, Pelabuhan Lama (Anggar), SPBU Taman Bunga, Jl. DR FL Tobing, Jl. H Zainul Arifin, Nauli Seulayan, Jl. S Parman, Jl. Diponegara, Bank Sumut, Jl. Surapto, Jl. Sibolga Baru, AIDO Sibolga, Jl. SM. Raja, Pantai Ujung Sibolga, dan Terminal Sibolga.

Dalam melaksanakan tugasnya, Sat Samapta Polres Sibolga menggunakan Patroli R-4 Mobile dengan mendatangi objek vital di wilayah Hukum Polres Sibolga. Mereka juga memberikan edukasi kepada Satpam dan Tukang Parkir untuk segera melapor kepada Pihak Kepolisian jika menemukan tindakan kriminal, premanisme, atau pungutan liar melalui Call Centre 110 dan WhatsApp Polres Sibolga di nomor 08116512003.

Hasil yang dicapai dari Patroli ini sangat positif. Masyarakat merasa aman dengan adanya kehadiran Sat Samapta Polres Sibolga dalam menjaga keamanan dan ketertiban. Tidak ada laporan mengenai aksi premanisme, kejahatan 3C, atau pelaku kejahatan lainnya, sehingga situasi tetap kondusif. Masyarakat pun merasakan peran Polri dalam menjaga situasi kamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah tersebut.

Kasat Samapta Polres Sibolga, AKP JUMPA ARUAN, SE, menyampaikan keberhasilan Patroli ini sebagai langkah konkret dalam mewujudkan program prioritas Kapolda dalam menciptakan area publik yang aman dan nyaman bagi Masyarakat Sibolga.

fokusliputan.com/betasimatupang