Polres Buru Penindakan peredaran B3 ; PMII Buru, Apresiasi Langkah Kapolres.

fokusliputan.com_ Ketua Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Buru Abdul 
Nurlatu.

Mengapresiasi langkah cepat kinerja Polres Pulau Pulau Buru dalam menangani masalah B3 Bahan Berbahaya dan Beracun di Namlea Kabupaten Buru. Senin 7/8/2023

Nurlatu mengapresisi kinerja Kapolres Pulau Buru AKBP Nur Rahman yang begitu tegas melakukan penindakan terhadap peredaran barang berbahaya ini. 

"Setiap hari saya melihat Kapolres mengawasi di pelabuhan very Namlea hingga monitor ke semua pelabuhan yang ada untuk mengawasi barang ilegal ini, "Kata Pimpinan Cabang PMII Buru Abdul Nurlatu".

Secara kelembagaan dirinya menilai Polres Pulau Buru telah berhasil mengungkap kasus-kasus beredarnya bahan berbahaya B3 seperti CN atau Sianida dan lain-lain yang di duga barang tersebut digunakan di pertambangan emas ilegal gunung botak.

Langkah tindakan yang dilakukan oleh Kapolres sesuai dengan peraturan dan undang-undang yang berlaku di negara kita Indonesia, "Patut untuk kita dukung,"Kata Nurlatu.

Selain dengan penanganan bahan berbahaya ini, Polres Pulau Buru juga telah berhasil menangkap para pelaku tambang emas ilegal gunung botak, dari tahun ke tahun selalu saja ada langkah hukum yang dilakukan. Ini artinya Polres Pulau Buru tidak duduk diam,"lanjutnya.

Nurlatu katakan bahwa wilayah gunung botak di atas itu sangat luas, banyak jalan tikus yang mereka lewati. "Jadi masyarakat bisa bekerja melewati jalan mana saja yang mereka inginkan,"tambahnya.

Bulan lalu Personil Gabungan dari TNI-Polri telah melakukan penyisiran selama kurang lebih dua Minggu, namun dengan keterbatasan anggaran, petugas terpaksa menarik diri.

"Jadi petugas di atas ini juga manusia sama dengan kita tentu butuh makan minum, mana ada lakukan penyisiran dengan gaji mereka,"ucap Nurlatu.

Sebenarnya pemerintah daerah ini harus lebih berperang dalam penanganan pertambangan ilegal gunung botak, Maksud dari peranan ini adalah mendukung kepolisian dan TNI dari segi anggaran dalam melakukan penyisiran.

Kalau soal penindakan hukum tanpa anggaran, polres pulau buru telah melakukan itu,"ujar Nurlatu.

Saya tidak bermaksud untuk membela siapapun, namun saya melihat akhir-akhir ini banyak pemberitaan miring terhadap Polres Pulau Buru. Padahal Polres Pulau Buru telah bekerja secara maksimal,"tutur Nurlatu. 

fokusliputan.com/Sofyan M