Polres Sibolga, Gelar Operasi Patuh Toba 2023, Diharapkan Masyarakat Patuhi Peraturan Lalu Lintas

fokusliputan.com_ Sabtu, tanggal 8 Juli 2023, pukul 09.30 WIB, di Aula Wirapratama Polres Sibolga, telah dilaksanakan Latihan Pra Operasi Patuh Toba 2023 Polres Sibolga. Kegiatan ini dipimpin oleh Kapolres Sibolga, AKBP Taryono Raharja, SH, S.I.K, M.H.

Dengan mengusung tema "Patuh dan tertib berlalu lintas cermin moralitas bangsa di Wilayah Kota Sibolga."

Kegiatan ini dihadiri oleh beberapa pejabat utama Polres Sibolga, termasuk Kabag Ops KOMPOL Asmon Bufitra, SH, MH, Kabag Ren KOMPOL Budiono Saputro, SH, M.H, Kabag SDM KOMPOL Chobli, SH, M.Pd, Kasat Intelkam AKP Agus Adhitama, SE, Kasat Binmas AKP David Sinaga, SH, M.Si, Kasat Samapta AKP J. Aruan, SE, Kapolsek Sibolga Selatan AKP Bremer, Kanit Regiden IPTU Penedi Sihotang, Kasi Humas IPTU Suyatno, dan Kasiwas IPTU Syahrudin, SH, M.M. Selain itu, Perwira dan Bintara Polres Sibolga juga turut serta dalam kegiatan tersebut.

Rangkaian tata tertib Latihan Pra Operasi Patuh Toba 2023 Polres Sibolga dimulai dengan pembukaan, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan doa. Kemudian, Kapolres Sibolga memberikan kata sambutan dan membuka secara resmi Latihan Pra Operasi Patuh Toba 2023. Dalam sambutannya, Kapolres Sibolga menjelaskan bahwa latihan ini merupakan tindak lanjut dari Latihan Pra Ops yang telah dilaksanakan di Polda Sumatera Utara guna mengetahui rencana garis besar pelaksanaan Operasi Patuh Toba 2023 di tingkat Polres.

Operasi Patuh Toba 2023 bertujuan untuk menjaga kekondusifan Kamseltibcar lantas pasca peringatan Hari Bhayangkara Ke - 77 Tahun 2023. Operasi ini akan dilaksanakan selama 14 hari, mulai dari tanggal 10 hingga 23 Juli 2023. Tujuan Operasi Patuh Toba 2023 adalah menekan angka pelanggaran lalu lintas, menurunkan angka fatalitas, mengurangi angka kecelakaan lalu lintas, dan meningkatkan disiplin berlalu lintas.

Kapolres Sibolga juga mengimbau untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang pelaksanaan Operasi Patuh Toba 2023 di Wilayah di Sibolga, baik melalui media maupun pemasangan spanduk dan banner. Selain itu, edukasi akan dilakukan selama 14 hari ke depan dengan menyasar kelompok Masyarakat dan Komunitas. Patroli cyber juga akan dilakukan untuk memantau respon Masyarakat terkait pelaksanaan operasi ini.

Kapolres Sibolga juga mengingatkan agar Personel yang bertugas di lapangan selalu berhati-hati karena tindakan mereka dapat terekam dan Viral di Media Sosial, serta untuk menghindari praktik pungli. Pimpinan Instansi lainnya, seperti TNI dan Satpol PP dan Dishub Kota Sibolga, juga diharapkan memahami pelaksanaan Operasi Patuh Toba 2023.

Pada kesempatan tersebut, Kasat Intelkam Polres Sibolga memberikan paparan mengenai sasaran operasi, termasuk sasaran orang, benda, tempat, dan kegiatan. Kemudian, Kabag Ops Polres Sibolga menyampaikan paparan mengenai dasar pelaksanaan Operasi Patuh Toba 2023, Anev Ops Patuh Toba Polres Sibolga, serta target sasaran dan daerah operasi.

Selanjutnya, Kasat Lantas Polres Sibolga, yang diwakili oleh Kanit Regident, memberikan paparan mengenai tujuan Operasi Patuh Toba 2023, sasaran Operasi, serta melaksanakan penegakan hukum terhadap tujuh pelanggaran prioritas, seperti penggunaan HP saat berkendara, pengemudi di bawah umur, dan pengemudi melawan arus.

Kasie Propam Polres Sibolga, yang diwakili oleh Kanit Paminal, juga memberikan paparan mengenai penegakan disiplin anggota Polri selama pelaksanaan Operasi Patuh Toba 2023.

Acara ditutup dengan menyanyikan lagu "Padamu Negeri". Diharapkan pelaksanaan Operasi Patuh Toba 2023 dapat dilaksanakan dengan sungguh-sungguh sehingga Masyarakat dapat merasakan manfaat dari operasi ini.

fokusliputan.com/betasimatupang