Penjabat Bupati Gelar Rapat Koordinas Bersama Kapolres, Dandim dan Forkopimda Lainya.

fokusliputan.com_ Penjabat Bupati Buru Djalaludin Salampessy mengelar rakor Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (forkopimda) Kabupaten Buru di Ruan Rapat Utama Bupati Buru, Kamis 4/5/2023.

Adapun beberapa permasalahan yang di bahas di antaranya adalah 
- Jatuhnya Kontainer berisi B3
- Sumber Daya Alam 
- Aktivitas Penambang Ilegal
- Stok dan Harga Sembako
- Pentahapan Pemilu dan Persiapan kedatangan Gubernur Maluku Murad Ismail Dan Ibu Widya Murad pada tanggal 6-9 Mei 2023 di Kabupaten Buru.

Terkait jatuhnya Kontainer berisi zat beracun B3 dua bulan lalu 28 Mei 2023 di laut Namlea, Penjabat Bupati Buru Djalaludin Salampessy dalam rapat koordinasi menyatakan selaku Penjabat Bupati Buru dirinya selalu di kejar oleh media atas insiden yang terjadi. Namun di hadapan media, Djalaludin menyampaikan bahwa masalah kontainer masih dalam proses hukum.

Djalaludin juga menyingung soal penambangan emas ilegal tanpa izin dengan beredarnya bahan kimia berbahaya di Desa Wamsait, Kecamatan Waelata Kabuapaten Buru.

Selain permasalahan tentang kontener dan aktivitas pertambangan ilegal dan masalah lainnya. Djalaludin juga berharap jelan pemilu 2023-2024 nanti semua dapat berjalan dengan baik dan lancar. Untuk itu di butuhkan peran seluruh stakeholder.

Menanggapi Penjabat Bupati Buru, Kapolres Pulau Buru AKBP Nur Rahman 
menjelaskan kalau Kepolisian saat ini  masi menunggu hasil Laboratorium tentang kasus jatuhnya Kontainer yang berisi B3, dari penyidik Polres Buru juga akan berkoordinasi dengan kejaksaan untuk bersama-sama melakukan berbagai penanganan-penangan sehingga proses hukum dapat berjalan dengan lancar.

Kapolres juga secara tegas melarang 
aktivitas penambangan ilegal dilokasi gunung botak tanpa izin. Hal ini sesuai dengan intruksi Presiden Jokowidodo tentang larangan aktivitas di pertambangan ilegal.

Soal tahapan pemilu, Kapolres berharap 
perlu adanya dukungan dari instansi terkait, untuk bersama-sama mendukung jalannya pemilu tahun 2024.

Untuk itu orang nomor satu di Polres Pulau Buru ini mengucapakan terima kasih kepada Kodim 1506 Namlea dan pemerintah daerah yang telah mendukung polres buru untuk bersama-sama dapat memonitoring berbagai persoalan yang terjadi di Kabupaten Buru sehingga berbagai kegiatan yang dilaksanakan dapat berjalan dengan lancar.

Dalam menjaga sinerginitas TNI-Polri, 
Dandim 1506 Namlea Letkol Arh Agus Nur Fujianto lewat Intel Kapten Chb Jufri Said menambahkan Kodim 1506 Namlea akan terus melaksanakan kegiatan-kegiatan sosial dan mendukung berbagai kegiatan dari pihak Polres Pulau Buru untuk bersama-sama bersinergi dalam mengamankan kenyamanan di masyarakat Kabupaten Buru.

Apalagi dalam rangka kedatangan Bapak Gubernur Maluku, TNI siap selalu siap mendukung Polres Pulau Buru dalam melakukan pengamanan.

Adapun yang hadir dalam kegiatan rapat tersebut di antaranya :
- Pj. Bupati Buru Dr. Djalaluddin Salampessy, S.Pi.,M.Si
- Kapolres P. Buru AKBP Nur Rahman, S.I.K.,M.M
- Dandim 1506/Namlea, yang diwakili oleh Pasi Intel Kapten Chb Jufri Said
- Asisten I Ibu Ariani Lebang
- Asisten III Drs Arman Buton
- Kajari Buru yang diwakili oleh Pak Fedi
- Kepala Pengadilan Negeri Namlea yang diwakili
- Kepala Kemenag Kab. Buru yang diwakili
- Stap Ahli Bupati
- Kadis Pariwisata Drs Istanto Setiahadi
- Kadis Disperindag A. Syahfan Umasugi, S.sos
- Kadis Lingkungan Hidup Imbran Makatita. (Sofyan)