Cegah Karhutla, Bhabinkamtibmas Polsek Barus, Buat Himbauan

fokusliputan.com_Personel Polsek Barus Polres Tapteng melaksanakan himbauan kepada masyarakat Desa Bondar Sihudon II Kecamatan Andam Dewi, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) dalam Pencegahan Karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan) pada Selasa ( 1/4/2023).

Sosialisi dilaksanakan personil Bhabinkamtibmas Polsek Barus  Aiptu Jhon W. Simbolon dengan memberikan himbauan kepada masyarakat melalui dialog dan juga   dengan pemasangan Spanduk   Himbauan agar tidak Membakar Hutan atau Lahan Perkebunan milik mereka yang akan di olah dan kegiatan sosialisasi tersebut dilaksanakan di Desa Bondar Sihudon II Kec. Andam Dewi Kab. Tapteng.

Kapolsek Barus AKP  H. Panjaitan menuturkan pihaknya akan terus melakukan sosialisasi baik dengan cara penempelan stiker, pemasangan spanduk maupun interaksi langsung dengan masyarakat dan menyampaikan agar masyarakat yang ingin membuka lahan pertanian ataupun perkebunan tidak dengan cara membakar.

Dalam Sosialisasi tersebut Bhabinkamtibmas juga menyampaikan tentang bahaya dari membakar hutan dan lahan serta  ancaman pidana apabila dilakukan pembakaran hutan dan lahaan dengan sengaja maupun karena lalainya itu juga tercantum pada spanduk atau Sticker yang kita pasang atau kita tempelkan ditempat tempat yang dapat dengan mudah dilihat dan dibaca masyarakat kata Kapolsek.

Dalam himbauan tersebut juga dikandung maksud tersampaikan tentang bahayanya Karhutla bila terjadi dan tindakan hukum bagi yang melakukan tindak pidana karhutla Namun pada “Prinsipnya kita lebih  mengutamakan upaya pencegahan karhutla, jangan sampai kebakaran karhutla terjadi lagi dengan kata lain, mencegah lebih baik dari mengatasi.

fokusliputan.com/betasimatupang