Rangkaian Ibadah Tahun Baru Imlek 2572, "Di Sibolga, Aman & Kondusif”

fokusliputan.com_Sibolga

Kepada fokusliputan.com_Mewakili Polresta Sumatera Utara Iptu R Sormin,SAg mengatakan; dalam hal ini, personil Polres Sibolga telah melaksanakan pengamanan, baik secara terbuka dan tertutup, diawali dengan melakukan sterilisasi di seluruh Vihara / Cetya di wilayah Kota Sibolga, serta melakukan pengaturan arus Lalu lintas di lokasi Vihara dan Cetya.

Selanjutnya, tim Satuan Intelkam Polres Sibolga telah melaksanakan monitoring, Pulbaket, Pamtup dan Dokumentasi kegiatan di Vihara dan Cetya. Serta, personil Polres Sibolga telah mendirikan Pospam di lokasi Vihara yang melaksanakan ibadah Tahun Baru Imlek 1572 Tahun 2021 di kota Sibolga.

Diinformasikan; Jum'at tanggal 12 Februari 2021 sekitar pukul 08.00 Wib, personil Polres Sibolga melaksanakan pengamanan (kamtibmas),- kegiatan ibadah ummat agama Buddha Perayaan Tahun Baru Imlek (Gong Xi Fat Choi) 2572 tahun 2021 oleh Umat Buddha di wilayah Kota Sibolga.

Adapun Vihara atau Cetya di Wilayah Kota Sibolga yang melaksanakan ibadah Perayaan Tahun Baru Imlek ( Gong Xi Fa Choi ) 2572 adalah Vihara Avalokitesvara berlokasi di Jl. S.Parman No. 38 kota Sibolga. Kegiatan : Ibadah secara virtual yang dipimpin oleh Pandita Romo Sutoyo SAg dan Pandita Satino. Jumlah umat yang melaksanakan ibadah tradisi : lebih kurang 30 orang.

Vihara Sakyamuni berlokasi di Jl. Ahmad Yani Kota Sibolga. Kegiatan : Ibadah secara virtual. Jumlah umat yang melaksanakan ibadah teradisi : lebih kurang 10 orang. Cetya Meitreya berlokasi di Jl.Ahmad Yani kota Sibolga. Kegiatan : Ibadah secara virtual. Jumlah umat yang melaksanakan ibadah tradisi : lebih kurang kurang 15 orang. Cetya avalokitesvara berlokasi di Jl. Mesjid kota Sibolga. Kegiatan : Ibadah secara virtual. Jumlah umat yang melaksanakan ibadah tradisi : lebih kurang kurang 15 orang. 

Cetya Metakarunia berlokasi di Jl. Brigjen Katamso Sibolga. Kegiatan : Ibadah secara virtual. Jumlah umat yang melaksanakan ibadah tradisi : lebih kurang kurang 20 orang. Cetya sakyamuni berlokasi di Jl. Merpati Sibolga. Kegiatan : Ibadah secara virtual. Jumlah umat yang melaksanakan ibadah tradisi : lebih kurang kurang 35 orang.

Vihara Sukhavati Maitreya  berlokasi di Jl Diponegoro No.9 Sibolga. Kegiatan : Ibadah secara virtual. Jumlah umat yang melaksanakan ibadah tradisi :  lebih kurang kurang 5 orang. Cetya Avalokitesvara Matreya belokasi di Jl.Patuan Anggi Gg. Kerupik sambal Sibolga. Kegiatan : Ibadah secara virtual. Jumlah umat yang melaksanakan ibadah tradisi : lebih kurang 20 orang.

Kegiatan Ibadah Tahun Baru Imlek ( Gong Xi Fat Choi ) 2572 Tahun 2021 di kota Sibolga dilaksanakan dalam bentuk virtual secara Live yang dipimpin oleh Pandita Romo Sutoyo, S.Ag dan Pandita Satino. Bahwa Ibadah Tahun Baru Imlek 2572 tahun ini berbeda dengan tahun lalu dikarenakan situasi covid-19; sehingga di wilayah Kota Sibolga Ibadah di Vihara maupun Cetya hanya dihadiri oleh Pandita dan Pengurus Vihara dan untuk Umat beribadah melalui Virtual secara Live.

Pada Perayaan Tahun Baru Imlek 1572 ada bebarapa Umat yang datang ke Vihara dan Cetya secara bergantian dalam rangka Ibadah tradisi (perorangan atau keluarga) dimulai pukul 08.00 Wib s/d selesai, namun pihak pengurus Vihara akan tetap membatasi umat yang akan melaksanakan ibadah tradisi.

Dalam Pelaksanaan Tahun Baru Imlek Umat Buddha Kota Sibolga tetap menerapkan Protokol Kesehatan sebagai antisipasi penularan covid - 19 dan tidak akan menggelar kegiatan apapun dalam rangka memeriahkan Tahun Baru Imlek 2572 di kota Sibolga. Rangkaian kegiatan ibadah Tahun Baru Imlek 2572 diwilayah Polres Sibolga  berjalan dengan aman dan kondusif.

FOKUS LIPUTAN FOTO: 

Posted By : Beta Simatupang







www.fokusliputan