Aktifitas Menyambut Presiden RI, Akan Meresmikan Terminal Pelabuhan Sibolga, Maret 2019

fokusliputan.com_SIBOLGA

Dapat disampaikan bahwa jadwal notulen Kedatangan Presiden RI ke  Kota Sibolga Sumatera Utara "Off The Record", namun beberapa pekerja sedang men-decorasi , dan tampak bekerja hingga malam. Tampilan-nya pun sangat indah dan berswafoto/selfi foto dan tampilan landscape “Sibolga Passenger Terminal” bagus seiring dengan penataan pengembangan pelabuhan sibolga-Pelindo I.(17/03/2019)


Terminal Pelabuhan Sibolga didesign mirip dengan bangunan tampilan bandara, fasiltasnya pun dapat dimanfaatkan oleh masyarakat seperti ruang VIP, ruangan tunggu , ruang panel, ruang menyusui, ruangan perkantoran Syahbandar, ruang kerja pelayanan Imigrasi, pelayanan Kesehatan, Karantina, ruang loket, areal parkir yang teratur dan fasilitas lainnya. 

Diinformasikan bagi warga maupun penumpang nantinya, wajib melalui Garbarata jembatan langit (fly over) yang menghubungkan ruang tunggu penumpang ke area dermaga pelabuhan. 

Terminal penumpang ; Luas; 2.786m2, Kapasitas : 500 orang, Sky Bridge Panjang 150m. untuk Dermaga Multipurpose; Panjang ; 153,5m dan Lebar; 33,5m, serta Panjang Tambatan ; 250m. Untuk Dermaga ferry Panjang Tambatan ; 198m dan Fixed Crane Kapasitas 40 ton. 



Dapat disampaikan, Presiden Joko Widodo di jadwalkan akan meresmikan Terminal Pelabuhan Sibolga, telah rampung dibangun bersamaan perpanjangan dermaga kapal Ferry, pengerukan laut. Ini merupakan proyek strategis Presiden Jokowi, dikerjakan oleh PT Pembangunan Perumahan (PP) Tbk, proses ground breaking pada 20 Agustus 2016 silam. 

Presiden RI Joko Widodo telah memplot Pelabuhan Sibolga ini sebagai pelabuhan terbesar di Pantai Barat Sumatera Utara. Sebelumnya, Presiden Jokowi berjanji akan datang ke Sibolga untuk melihat langsung hasil pekerjaan pembangunan perluasan dan pengembangan pelabuhan Sibolga, sekaligus meresmikannya. 

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pengembangan Pelabuhan di Sumut sangat diperlukan, termasuk di kawasan Pantai Timur Sumut seperti Belawan, Kuala Tanjung dan Pelabuhan Sibolga yang berada di Pantai Barat. Lanjutnya, bahwa PT Pelindo I telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 289,1 miliar untuk pengembangan Pelabuhan Sibolga. Tahap awal akan dibangun terminal penumpang, penambahan panjang dermaga ferry, pengerukan laut serta pembangunan sejumlah fasilitas untuk melengkapi kelancaran pelayanan jasa kepelabuhanan. Selanjutnya, General Manager (GM) PT Pelindo I Cabang Sibolga, Agust Deritanto kepada wartawan, Terminal Pelabuhan Sibolga dibangun tiga lantai dengan luas 300 meter persegi. 

Kepada fokusliputan.com, beberapa warga setempat di jalan Horas Kota Sibolga Sumatera Utara menanggapi mengapresiasi keberadaan Terminal Pelabuhan Sibolga, kebersihan, keamanan, kenyamanan juga harus kita jaga bersama, dan jangan membuang sampah ke laut, kata warga.


FOKUS LIPUTAN FOTO :