Pengamanan Prosesi; Hari Raya Waisak 2567 BE Tahun 2023, di Vihara Avalokitesvara Sibolga

fokusliputan.com_ Minggu, tanggal 4 Juni 2023, sekira pukul 08.00 WIB, bertempat di Vihara Avalokitesvara di Jalan S. Parman, Kota Sibolga, telah dilaksanakan Pengamanan Prosesi Hari Raya Waisak 2567 BE Tahun 2023, di Vihara Avalokitesvara Sibolga. 

Pengamanan Prosesi tersebut dipimpin langsung oleh Kabag Ops Kompol Asmon Bufitra, SH, MH, dengan kekuatan Personil sebanyak 70 (tujuh puluh) orang.

Kegiatan Pengamanan melibatkan Personil dari berbagai Instansi, antara lain :
TNI   : 5 Personil
Polri : 44 Personil
Dinas Perhubungan : 11 Personil
Satuan Polisi Pamong Praja : 10 Personil

Kegiatan ini dihadiri oleh beberapa tokoh penting, antara lain Ketua MBI Kota Sibolga, Bpk Margono, Ketua Yayasan Vihara Budha Sibolga, Andre Parlinggoman, Kepala Bidang Kerohanian Vihara Buddha Sibolga, Gunawan, Koordinator Pendidikan Sibolga, Mestika Nauli, SE, serta peserta kerohanian Vihara Buddha Avalokitesvara Sibolga dan Umat Buddha Vihara Avalokitesvara Sibolga, dengan jumlah kurang lebih 800 orang.

Rangkaian kegiatan dimulai pada pukul 08.00 WIB dengan Prosesi Pawai berjalan kaki yang dimulai dari Vihara Avalokitesvara Jalan S. Parman dengan rute meliputi Jalan S. Parman - Jalan Brigjen Katamso - Jalan Ahmad Yani (menjemput anggota Sanggha yang mulia Bhikhuni Ayasati dengan membawa api suci oleh rombongan) - Jalan Imam Bonjol - kembali ke Vihara Avalokitesvara Sibolga. Pada pukul 08.30 WIB, Prosesi dilanjutkan dengan pawai berjalan kaki hingga ke Vihara Sakyamuni Jalan Ahmad Yani, kemudian kembali ke Vihara Avalokitesvara Sibolga. 

Pukul 08.45 WIB, acara dilanjutkan dengan pemandian Patung Budha di Vihara Avalokitesvara Sibolga dan menghidupkan lilin. Pukul 09.00 WIB, dilaksanakan kegiatan Ibadah Umat Budha di Vihara Avalokitesvara Sibolga.

Selama Prosesi berlangsung, Personil Polres Sibolga bekerja sama dengan TNI, Satpol PP dan Dinas Perhubungan Sibolga telah melaksanakan pengamanan terbuka dan tertutup. Personil Satuan Intelkam melakukan pemantauan dan pengintaian terhadap situasi keamanan, sementara Personil Satuan Lalu Lintas bertugas mengatur dan mengendalikan lalu lintas di sekitar lokasi Prosesi, Bhabinkamtibmas telah memberikan himbauan dan penyuluhan kepada Peserta Prosesi agar tetap menjaga ketertiban.

Kegiatan Prosesi Waisak 2567 BE Tahun 2023 di Vihara Avalokitesvara Sibolga berakhir pkl 11.30 Wib.

fokusliputan.com/betasimatupang