Peluncuran Kirab Pemilu 2024, Setahun Menuju Hari Pemungutan Suara

fokusliputan.com_Memperingati setahun menuju hari pemungutan suara Pemilu Tahun 2024, KPU telah menggelar kegiatan “Peluncuran Kirab Pemilu Tahun 2024: Setahun Menuju Hari Pemungutan Suara”. Kegiatan bertema “Pemilu Sebagai Sarana Integrasi Bangsa“ Sabtu 27/5/2023.

Kegiatan ini juga dihadiri Ketua KPU Maluku, Rifan bersama anggota, Ketua KPU Buru Selatan, Syarif Mahulaw bersama anggota, Ketua KPU Buru, Munir Soamole dan anggota, Ketua Bawaslu bersama anggota, Pj Bupati Buru, DR Hi Jalaludin Salampessy, Ketua DPRD, M. Rum Soplestuni bersama anggota, Kapolres Buru, AKBP, Nur Rahman, Kapolres Bursel yang diwakili, Dandim 1506/Namlea, Letkol Arh Agus Nur Fujianto, Forkopimda, Ketua TP PKK Buru, 18 pimpinan Parpol peseta pemilu 2024, tokoh agama, Adat, Pemuda dan tokoh masyarakat, LSM, OKP, Insan Pers dan sejumlah undangan lainnya.

Rombongan Tim Kirab yang tiba di kota Namlea sempat melakukan Konvoi di seputaran kota Namlea yang di kawal lansung oleh personil Polres Pulau Buru dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Pelaksanaan kirab pemilihan umum tahun 2024 jalur VII berlangsung di KPU Kabupaten Buru merupakan lanjutan dari rangkaian kegiatan peluncuran kirab pada tanggal 14/2 2023 menghadirkan 18 pimpinan Partai Politik (Parpol). Kegiatan tersebut dilaksanakan di kantor KPU Namlea, Kabupeten Buru. 

Kabupaten Buru merupakan salah satu dari 6 Kabupaten/Kota di Maluku yang dilewati oleh Kirab Pemilu 2024 jalur VII yang semula titik awal dimulai di Kota Japura dan terakhir di Provinsi Papua Barat Daya, kemudian dilanjutkan ke Maluku pertama kali di Kabupaten Seram Timur

Ketua KPU Kabupaten Buru Munir Soamole menyatakan kegiatan ini merupakan langkah sosialisasi yang sangat penting dalam upaya mewujudkan Pemilihan Umum di Kabupaten Buru yang bersih jujur adil dan berkualitas Kemudian Kirab Pemilu sebagai sarana integrasi bangsa seluruh pemilu yang telah di launching pada tanggal 14 Juni Tahun 2022 yang lalu."Ujarnya.

Dijelaskan Munir, sebelum tiba di Kabupaten Buru Pemilu ini bertolak dari Provinsi Papua Barat dan telah melewati 4 kabupaten kota di Provinsi Maluku yaitu Kabupaten Seram bagian Timur, Kabupaten Maluku Tengah, Kabupaten Seram Bagian Barat, Kabupaten Lampung Selatan, dan hari ini selama 7 hari ke depan akan berada di bumi Bupolo Kabupaten Buru.

"Dan pada tanggal 2 Juni 2023 kami akan melanjutkan petaka ini ke Kota Ambon yang merupakan Ibu kota Provinsi Maluku,"Sambung Munir. (Sofyan)