200 Karyawan Bendungan Waeapo, Terjebak Banjir

fokusliputan.com_ Sebanyak 200 karyawan bendungan berhasil di selamatkan oleh team gabungan pasca ambruknya sebuah jembatan penghubung akibat diterjang banjir di lokasi Bendungan Waeapo Desa Wapsalit Kecamatan Lolongguba Kabupaten Buru.

Tim gabungan dipimpin secara lansung oleh Kapolres Pulau Buru AKBP Nur Rahman pada Rabu 31 Mei 2023.

Adapun tim gabungan yang melakukan evakuasi di antaranya, Personil Polair Polres Pulau Buru 10 orang dan 15 Personil Polsek Waeapo. 

Untuk personil Basarnas Kabupaten Buru sendiri terdiri dari 6 orang, yakni Kooordinator pos SAR Namlea, Rahmat Galaksi Palapea, Wakorpos SAR Namlea, Wahyunan Samal dan 4 Personil SAR Namlea.

Selanjutnya dari tim Balai Wilayah Sungai Propinsi Maluku yakni Direksi BWS Maluku, Dedi Marasabesi, Direksi BWS, Fahrul Latar, Direksi BWS, Ifan Marasabesy.

Kemudian, team Pembangunan Bendungan Waeapo, yakni Manager Operasi Lapangan Aditia, pengawas lapangan Muhamad Soukani. Sedangkan, team K3 paket I PP. Adhi KSO yakni HSE Denis Angrian, untuk team paket II PT HK Jaya Kontruksi. 
 
Evakuasi terhadap 200 pekerja bendungan Waeapo dilakukan dengan mengunakan spead karet yang terikat tali dan menerbangkan tali ke seberang sungai dengan menggunakan drone untuk di ikat pada exsavator yang berada di seberang sungai Waeapo

Selain itu para pekerja yang memilih bertahan di lokasi tersebut diberikan bahan sembako oleh petugas. (SM)