Menyambut Tahun Baru Imlek 2574/2023, Polres Sibolga & Stake Holder, Giat Rapat Kordinasi

fokusliputan.com_ Kapolres Sibolga AKBP Taryono Raharja,SH.SIK.MH diwakili oleh Waka Polres  Sibolga Kompol Diarma Munthe,SH laksanakan rapat kordinasi menyambut tahun baru Imlek 2574/2023,Kamis 19 Januari 2023 pukul 10.00 wib di aula Wira Pratama Polres Sibolga.

Turut hadir dalam rapat kordinasi tersebut adalah.
-Kapolres Sibolga diwakili Waka Polres Sibolga Kompol Diarma Munthe, S.H. 
- Walikota Sibolga diwakili Asisten I Josua Hutapea,S.Sos.MM
- Dandim 0211/TT diwakili Danramil 06/Kota  Mayor Inf. A. Samosir 
- Danlanal Sibolga diwakil Pasi Intel Lanal Kapten laut (T) Ihwan Nudin 
- Kasat Pol PP kota Sibolga Dedy Lubis 
- PJU Polres Sibolga 
- Kepala BPBD diwakili Kabid BPBD kota Sibolga Irwan E. Hutabarat, S.E. 
- Kadishub Sibolga diwakili Kabid Perparkiran Juprayer Sitinjak,SE
- Ketua HTT Andry Parlinggoman
- Persatuan Cabang Majelis Budayana Indonesia Kota Sibolga Romo Margono 
- Perwakilan pengurus klenteng Kota Sibolga Muktar

Pointer Rapat koordinasi 
Waka Polres Sibolga memberikan sambutan :

- Bahwa pelaksanaan rakor lintas sektor ini bertujuan agar stake holder terkait bersinergi dlm memberikan pelayanan thdp perayaan Imlek, agar berjalan aman dan baik.
- Diperlukan masukan yg konstruktif dari Pemko Sibolga, unsur TNI, unsur tokoh agama, dan stake holder terkait berkenaan dgn situasi menjelang, pada saat dan setelah pelaksanaan thn baru Imlek 2574, agar Polres Sibolga bersama stake holder siap untuk melakukan pengamanan Imlek sesuai dgn potensi kerawanan, sehingga kondusifitas situasi kamtibmas dapat tetap terpelihara. 

2. Sambutan dari Asisten I Pemko Sibolga :
- Mengucapkan terima kasih kpd Kapolres Sibolga dan jajaran atas inisiasi pelaksanaan rakor lintas sektor dlm rangka kesiapan pam menjelang perayaan imlek 2574 di wilayah kota Sibolga
- Mendukung sepenuhnya upaya sinergitas dalam pelaksanaan pam, khusus kpd stake holder Pemko Sibolga (Dishub dan Satpol PP) agar benar-benar mengantisipasi potensi kerawanan seperti pungli dan parkir liar, kordinasi dgn Polres Sibolga utk lakukan upaya gakkum bila menemukan hal-hal yg dapat meresahkan warga khususnya dalam perayaan thn baru Imlek 2574.
Sambutan dari Ketua HTT Kota Sibolga :
- Mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Polres sibolga dan jajaran terkait rapat koordinasi ini.
- Imlek tahun ini tidak terlalu evoria dikarenakan banyaknya jemaat yang merayakan imlek di luar kota Sibolga, namun demikian perayaannya tetap akan dilaksanakan sesuai dgn hasil kordinasi bersama Polres Sibolga dan instansi terkait lainnya. 
Sambutan Ketua Majelis Budayana Kota Sibolga :
- Meminta agar Dishub dan instansi terkait nantinya dapat mengamankan dan mengawasi parkir dan arus lalin di lokasi kegiatan peribadatan Imlek.
Sambutan Danramil 06/Kota Sibolga :
- Menyatakan siap membantu dan bersinergi bersama polres sibolga dan instansi terkait lainnya dalam mewujudkan sit kamtibmas yg kondusif pada setiap kegiatan tahun baru Imlek tahun 2023.
Sambutan Kasat Intelkam :
- Menyampaikan bahwa ada 8 titik vihara dan cetya yang akan melaksanakan ibadah imlek di wilayah kota Sibolga, pada hari minggu tgl 22 Januari 2023, mulai pukul 07.00 wib s.d 11.00 wib.   -Menyampaikan saran agar sebelum ibadah dilaksanakan lakukan sterilisasi terlebih dahulu. 
- Polres Sibolga akan mendirikan pos pengamanan pada dua titik, yakni di Jl. S. Parman (depan Vihara Avalokitesvara) dan di Jl. Merpati (depan Cetya Sakyamuni) 
- Jumlah jemaat yg mengikuti ibadah di Vihara Avalokitesvara Jl. S. Parman lbh kurang 500 - 600 orang, di Cetya Sakyamuni Jl. Merpati lbh kurang 30 orang, sedangkan untuk enam lokasi cetya yg lain jemaatnya tdk terlalu banyak, hanya berkisar 5 hingga 20 orang saja.
- Menyarankan agar Polres Sibolga tetap melakukan buddy system, pam dan gatur lalin bersinergi dgn stakeholder terkait di lokasi 8 vihara/cetya dimaksud pada tgl 22 Januari 2023 pukul 07.00 wib - 10.30 wib (ibadah imlek) , tgl 29 januari 2023 pukul 24.00 wib (sembahyang Fait Ni Khong) dan giat Cap Go Meh pada tanggal 05 februari 2023 pukul 20.00 wib sd 22.00 wib. 

 Kapolres Sibolga bersama Forkopimda akan meninjau secara langsung pelaksanaan pengamanan pada saat ibadah imlek 2574, tanggal 22 Januari 2023 di Vihara Avalokitesvara dan Cetya Sakyamuni, pada pukul 09.00 wib s.d selesai. 
Disampaikan AKP R Sormin SAg Kasi Humas Polresta Sibolga.

fokusliputan.com/betasimatupang