Tarian Cakalele Sambut Karnaval Bupolo, HUT Kabupaten Buru

fokusliputan.com Penjabat Bupati Buru Djalaludin Salampessy membuka acara Karnaval Budaya dalam rangka meriahkan HUT Kabupaten Buru yang ke-23 di jalan simpan lima kota Namlea. 
Rabu 12/10/22.

Perayaan HUT Kabupaten Buru yang ke-23 ini di ramaikan dengan acara Karnaval Budaya berbagai ragam budaya yang di tampilkan dalam acara tersebut salah satunya adalah budaya buru yang menampilkan tarian adat orang buru.

Kepala Soa Noke Tasidjawa menyatakan Tarian adat budaya orang buru ini bernama Tarian Selama Geba Mua Fina Bupolo yang artinya adalah Cakalele orang utan dan orang kampung dimana orang kampung ini ingin merebut anak orang utang untuk di kembalikan ke kampung.

Kepala Soa Wamnebo Hasim Wamnebo menambahkan budaya yang di tampilkan ini merupakan budaya dari masyarakat buru dengan menampilkan tarian cakalele. Untuk itu dirinya sangat mendukung kegiatan karnaval dengan menghadirkan berbagai macam budaya yang ada di Indonesia termaksud di Maluku Kabupaten Buru.

Dijelaskan Hasim Karnaval budaya buru ini mewakili 24 suku yang ada di Kabupaten Buru di antaranya adalah marga Wamnebo, Tasidjawa, Warhangan, Waimese dan lainya yang tidak bisa ia sebut satu per satu."tutur Hasim.

Adapun siri pinang yang dibawakan Haji Fatima Wamnebo dalam karnaval Bupolo ini menggambarkan simbol pemersatu kekeluargaan.

fokusliputan.com/AdamS