Kapolres Sibolga; Hadiri Rakor, Antara Dishub, Organda Sibolga Tapteng & Polres Sibolga

fokusliputan.com_ Kapolres Sibolga AKBP Taryono Raharja,SH,SIK diwakili Kasat Intel AKP Agus Adhitama,SE.

Menghadiri acara Rapat kordinasi (rakor) antara Dinas Perhubungan kota Sibolga,Organda Sibolga - Tapteng dan Polres Sibolga terkait penyesuaian tarif angkutan pasca diberlakukannya penyesuaian kenaikan harga BBM oleh Pemerintah Pusat,hari Selasa 06/09/2022 pukul 09.00 wib dikantor Dinas Perhubungan kota Sibolga.

Turut hadir dalam acara 
- Kadis Perhubungan  Faisal Fahmi Lubis, S. Sos
- Ketua Organda Sibolga - Tapteng Fendhi Liono
- Kasat Intelkam Polres Sibolga AKP Agus Adhitama, SE
- Kasi Angkutan Dinas Perhubungan Ucok Tampil Manalu
- Kabid Lalin Dinas Perhubungan Aron F. Silitonga
- Sekretaris Organda Sibolga - Tapteng Hotman Hasibuan.

Penyampiaan dalam giat rapat koordinasi tersebut yaitu; 

Kadis Perhubungan kota Sibolga Faisal Fahmi Lubis, S. Sos menyampaikan : 

- Untuk meminimalisir dampak kenaikan BBM Pemerintah Daerah akan mensubsidikan bantuan dgn sasaran  kepada supir angkutan dan nelayan. 

- Dinas Perhubungan Kota Sibolga akan mendata dupir angkutan berseri plat N khususnya warga kota Sibolga yang tujuannya untuk menyalurkan bantuan agar tepat sasaran. 

- Hingga saat ini Dinas Perhubungan kota Sibolga masih menunggu tarif resmi angkutan yang akan dikeluarkan  oleh Pemerintah. 

Penyampaian dari Kasat Intel Polres Sibolga AKP Agus Adhitama, SE. 

- Hingga saat ini Pemerintah belum ada mengumumkan penyesuaian kenaikan tarif angkutan pasca penyesuaian kenaikan harga BBM. 

- Pada tgl 05 September 2022 bertempat di Dinas Perhubungan Kab. Tapteng telah dilaksanakan pertemuan antara perwakilan supir angkutan, unsur Organda Kab. Tapteng, Dinas Perhubungan Kab. Tapteng dan pihak Polres Tapteng, dgn pembahasan tentang penyesuaian tarif angkutan pasca penyesuaian kenaikan  harga BBM, dan dari hasil pertemuan tersebut telah diperoleh kesepakatan bersama yaitu tentang perubahan tarif angkutan sebanyak 30% dari tarif lama, dan hasil rapat tersebut akan segera disampaikan ke pemerintahan Kab. Tapteng.

Dan apabila telah di realisasi akan segera di sampaikan kepada seluruh redaksi angkutan yang ada di Sibolga-Tapteng. 

Upaya Pemerintah untuk meminimalisir dampak kenaikan BBM dengan memberikan bantuan sosial sebesar Rp 24,17 triliun yaitu yaitu dalam Bantuan Langsung Tunai (BLT) dengan anggaran 12,4 triliun kepada penerima 20,65 juta kelompok keluarga penerima manfaat.

Kemendagri akan menerbitkan aturan dimana 2% dari DAU dan DBH dialokasikan untuk bantuan subsidi kepada transportasi umum, hingga ojek, dan nelayan dan uang tersebut akan digunakan untuk perlindungan sosial tambahan daerah.

Penyampaian dari Ketua Organda Sibolga - Tapteng Fendhi Liono. ; Saya selaku  Ketua Organda Sibolga - Tapteng Fendhi Liono yang memiliki SK Resmi priode 2020-2025.

Organda Sibolga - Kab. Tapteng hingga saat ini masih menunggu tarif resmi angkutan yang akan di keluarkan oleh pemerintah pasca penyesuaian kenaikan harga BBM. 

Meminta kepada Pemerintah kota Sibolga melalui Dinas Perhubungan untuk mengambil kebijakan untuk penyesuaian tarif angkutan pasca setelah penyesuaian kenaikan harga BBM sambil menunggu tarif resmi angkutan yang akan dikeluarkan pemerintah. 

Apabila ada rencana Pemerintah untuk menyalurkan bantuan subsidi kepada supir angkutan agar Dinas Perhubungan benar-benar melakukan pendataan agar penyaluran bantuan tepat sasaran. 

Unsur Organda Sibolga - Tapteng yang diketuai oleh Fendhi Liono akan menjaga kekondusifan situasi Kamtibmas khususnya di wilayah kota Sibolga pasca setelah diberlakukannya penyesuaian kenaikan harga BBM. 

Pelaksanaan Rapat Koordinasi antara Dinas Perhubungan, Organda Sibolga - Kab. Tapteng, dan Polres Sibolga, dgn Pembahasan terkait Penyesuaian tarif angkutan pasca diberlakukannya penyesuaian kenaikan harga BBM oleh Pemerintah Pusat berakhir pada pukul 13.15 wib berlangsung dgn aman, tertib dan lancar. 

Disampaikan Humas Res Polresta Sibolga AKP R Sormin SAg

fokusliputan.com/betasimatupang