Kapolres Sibolga; Pimpin Rakor Lintas Sektoral Pengamanan Idul Adha 1443 H

fokusliputan.com_ Polres Sibolga Sumatera Utara, melaksanakan kegiatan rapat koordinasi (rakor) lintas sektoral dalam rangka pengamaman Idul Adha 1443 H/2022 M di wilayah kota Sibolga, Jum'at (08/07/2022) pukul 14.00 wib , di aula Wira Pratama Polres Sibolga. 

Kegiatan dipimpin oleh Kapolres Sibolga AKBP Taryono Raharja,S.H, S.I.K,diwakili Kabag Ren Polres Sibolga Kompol K.Nababan,SH , dan dihadiri oleh Dandim 0211/TT diwakili Pasi Ops Letda Inf M.Nasution,Walikota Sibolga diwakili Asisten II Hendra Darmalius,S.Pi,MM,Kabag SDM Polres Sibolga Kompol K.Nababan,SH,Kabag Log Polres Sibolga Kompol Misrianto,S.Sos,MH,Kabag Ops Polres Sibolga AKP Asmon Bufitra,SH,MH,Camat Sibolga Utara Hasuduan P. Siahaan,Wakil Ketua PC NU Cab. Sibolga Maulidanda Siregar,Ketua PD Muhammadiyah Sibolga Masdiarman Piliang, Ketua PD Al-washliyah Sibolga H. Supratman AF, Ketua MUI Sibolga H. Torkisma P. S. Hi,LC, Kasat Lantas Polres Sibolga AKP Suprianto,P, S.H,MH,Kasat Intel Polres Sibolga AKP Agus Adhitama, S.E., Kasi Humas Polres Sibolga AKP R. Sormin,S.Ag,Plh Kasat Samapta Polres Sibolga Iptu Suyatno, Kapolsek Sibolga Sambas IPDA Bagas Dwi Akbar,S.Tr.K, Perwakilan Dinas Kesehatan Sibolga Hasri Yahya, Perwakilan BPBD Sibolga Dedi Hartono, Perwakilan Sat Pol PP Sibolga Nazla Elvina,SE, Perwakilan Dinas Perhubungan Sibolga Ucok Tampil Manalu,Perwakilan Camat Sibolga Selatan Hendra Marbun Adapun Rangkaian kegiatan Rapat Koordinasi TNI-POLRI dan Instansi terkait dalam rangka Pengamanan Hari Raya Idul Adha 1443 H / 2022 M di wilayah kota Sibolga; 

1. Pembukaan dari protokol
2. Pembacaan doa dari Ketua MUI
3. Kata sambutan dari Walikota Sibolga yang diwakilkan oleh Asisten 2 Pemko Sibolga 

Walikota menyampaikan jangan buat perbedaaan menjadi perpecahan dikarenakan perbedaan hari jatuhnya ibadah Idul Adha, agar kiranya kita buat jadi kebersamaan. 

- Pemko Sibolga akan melaksanakan sholat Idul Adha di lapangan simare mare yang dilanjutkan dengan pemotongan hewan kurban. 

- Mari kita bersama-sama merangkul dan bergandeng tangan, agar pelaksanaan ibadah Idul Adha dikota Sibolga berjalan kondusif

Kata Sambutan dari Kapolres Sibolga yang diwakili oleh Kabag Ren Polres Sibolga 
- Mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bersinergi bersama Polres Sibolga dalam memelihara kondusifitas situasi Kamtibmas. 

Paparan dari Kapolres Sibolga dalam rangka kesiapan pengamanan Hari Raya Idul Adha 1443 H di wilayah kota Sibolga yang diwakilkan oleh Kabag Ops Polres Sibolga;

- Seluruh Mesjid di kota Sibolga akan dilakukan pengamanan oleh personil Polres Sibolga dan Instansi terkait, yang saat ini terdata 43 mesjid yang akan dilakukan pengamanan. 

- Polres Sibolga akan memberikan himbauan berupa stiker ke mesjid mesjid di wilkum Polres Sibolga. 

- Saat dilakukan pemotongan hewan nantinya akan di lakukan pengecekan oleh Dinas Peternakan kota Sibolga dan berpedoman kepada Surat Edaran Walikota Sibolga no : 524/344/2022, tgl 29 Juni 2022.

Saran dan Pendapat dari para peserta rapat ;
a. Ketua MUI kota Sibolga memberikan saran agar Pihak Kepolisian dan TNI untuk mendampingi pihak Peternakan kota Sibolga pada saat dilakukan pengecekan hewan kurban, untuk menghindari konflik dengan masyarakat yang berkurban. 
b. Ketua Muhammadiyah Sibolga memberikan saran agar pelaksana atau orang yang memotong hewan kurban agar dilakukan pelatihan terlebih dahulu. 

Giat Rapat Koordinasi TNI-POLRI dan instansi terkait dalam rangka Pengamanan Hari Raya Idul Adha 1443 H / 2022 M di wilayah kota Sibolga berakhir sekitar pukul 16.30 wib

Dalam pelaksanaan rapat koordinasi tetap melaksanakan Protokol Kesehatan.
Disampaikan Humas Res Polresta Sibga AKP R Sormin SAg

fokusliputan.com