Antisipasi Yang Dilakukan Kementerian Perhubungan Berkolaborasi Dengan Kementerian BUMN; Arus Balik Mudik

fokusliputan.com_ PT. Indonesia Ferŕy (Persero) Cabang Utama Bakauheni, Lampung Selatan terima Kunjungan Kerja (Kunker) sejumlah menteri, yakni Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. 


Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pembangunan Manusia, Kebudayaan Indonesia, Muhadjir Effendy, Kakorlantas Polri Firman Shantyabudi dan Direktur Utama PT. ASDP Ira Puspadewi, Rabu (4/5/2022). 



Kunjungan kerja ini dilakukan dalam rangka pemantauan dan kesiapan arus balik Idul Fitri 1443 Hijriah tahun 2022, dimana pelabuhan PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Utama Bakauheni merupakan akses utama pada arus mudik lebaran. 

Dalam kunjungannya, Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan untuk saat ini penyeberangan logistik atau Truck meningkat sebanyak 116 persen ditambah lagi kendaraan Roda Empat (R4) meningkat sampai 27 persen. 


" ini merupakan bukti nyata bahwa indonesia telah bangkit dari Covid-19 yang telah berlalu, sekaligus membuktikan tingkat perekonomian masyarakatpun meningkat." Ujarnya 

Agar pelayanan terhadap masyarakat meningkat, lanjut Erick Thohir, kedepan kami bersama Polri dan pemerintahan daerah (Gubernur-red) akan menggambarkan ulang apakah pelabuhan Bakauheni - Merak ini akan tetap di fungsikan sebagai pelabuhan penyeberangan mobil dan motor dan berikut logistik ataukah angkutan logistiknya akan dipindahkan ketitik lain. Katanya 

Sementara, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menganalisis dari tren mudik, bahwa arus puncak mudik tahun ini terjadi pada H-3, H-2 dan H-1. Sedangkan untuk arus balik pada mudik kali ini akan terjadi lonjakan pada H+6, H+7 dan H+8 akan terjadi lonjakan penumpang. 

"Oleh karena itu kami sampaikan kepada Kapolda dan Gubernur Lampung agar menghimbau kepada masyarakat untuk arus balik mudik tahun ini dapat dilakukan lebih awal atau setelah H+8." Ucapnya 

Hal ini sebagai bentuk antisipasi yang dilakukan Kementerian Perhubungan berkolaborasi dengan Kementerian BUMN dalam mengurai kepadatan arus balik mudik yang membeludak. 

FOKUS LIPUTAN FOTO ; 
Posted By ; Ali ImRon

www.fokusliputan.com