Agar Masyarakat Pulang Lebih Awal, Agar Tidak Ada Kepadatan di Pelabuhan; Jika Lelah, Silahkan Langsung Beristirahat

fokusliputan.com_ Kapolda Lampung Irjen Pol Hendro Sugiatno menghimbau agar masyarakat yang hendak melaksanakan perjalanan Kembali ke pulau jawa melalui Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan.


 Agar menyiapkan tiket kapal yang dibeli dari berbagai gerai yang telah ada, sebelum memasuki pelabuhan. Hal ini dilakukan untuk mencegah adanya kepadatan atau penumpukan kendaraan yang hendak kembali ke pulau jawa pada arus balik.


Bagi pengguna jasa pelayaran di Pelabuhan, agar dapat langsung membeli tiket di outlet di beberapa lokasi rest area, yang dibantu oleh petugas otoritas pelabuhan penyebrangan bakuheni lampung selatan di tempat, adapun lokasi penjualan tiket tersebut diantaranya Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) dan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Di jalan lintas sumatera terdapat di RM Siang Malam, Penengahan, Lampung Selatan, dan RM Tiga Saudara, Ketapang Lampung Selatan, serta Rumah Makan Raja Alam, Lampung Selatan.
‘’Di JTTS ada happer atau petugas pembantu yang langsung memberikan arahan kepada pengendara yang membeli tiket untuk menyebrang di Pelabuhan, masyarakat jangan di buat khawatir.

Adanya di Rest area KM 49, KM 87 B, serta KM 20B’’ kata Hindro, kepada awak media saat meninjau persiapan arus balik lebaran Idul Fitri 1443 H Tahun 2022, di Pelabuhan Bakauheni, Selasa (03/05).
Hendro juga mengharapkan, agar masyarakat pulang lebih awal saat ini, agar tidak ada kepadatan atau penumpukan di Pelabuhan Bakaujeni.

Serta masyarakat diminta untuk memeriksakan kesiapan kendaraan serta fisik masing-masing penumpang, jika lelah, silahkan langsung beristirahat, apabila ada kendala, segera menghubungi petugas melalui layanan cal center 110 ataupun mendatangi petugas di pos-pos yang telah di bangun.

Sementara itu, untuk sepeda motor pihaknya tetap melakukan pengawalan bagi pengendara yang melakukan perjalanan malam, satuan patroli dari direktorat lalulintas maupun samapta siap mengawal para pengendara. 

Dari perbatasan wilayah kabupaten Mesuji lampung hingga menuju Pelabuhan bakauheni lampung selatan.
“Kita tetap memberikan atensi besar kepada pengendara roda dua yang hendak kembali kepulau jawa dengan menggunakan sepeda motor pada malam hari, kita kawal sampai sini (Bakauheni), serta menyiapkan dermaga khusus untuk keseluruhan pemotor itu, jika volumenya banyak di demaga 5,” jelas Hindro.

Dalam skema rapat pengaturan arus balik di provinsi lampung tahun 2022 ini juga, stakeholder terkait bersepakat untuk melayani secara penuh dengan penuh kemanusiaan bagi masyarkat yang melakukan perjalanan, agar terasa nyaman, aman dan tentu saja sehat sampai tujuan.

Dan untuk diketahui, dalam rapat tersebut terdapat penambahan dermaga dan kapal yang berada di dua lokasi berbeda, selain Pelabuhan Bakuheni, Lampung Selatan, ada juga pelabuhan Panjang, dan Pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ) Bakauheni, Lampung Lampung Selatan. 

fokusliputan.com/AliimRon