Menjelang Ramadhan 1443 H; Polres Sibolga Sumatera Utara, Laksanakan Rapat Kordinasi

fokusliputan.com_ Rapat kordinasi TNI Polri dengan instansi terkait dilaksanakan di aula Wira Pratama Polres Sibolga Senin 28/3/2022 dimulai pukul 16.30 Wib.

Dalam acara Rakor (rapat koordinasi)  tersebut; 

1. Rapat Koordinasi TNI-Polri dan Instansi terkait dalam rangka menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif menjelang bulan suci Ramadhan 1443 Hijriah di kota Sibolga
2.Pengukuhan Da'i Kamtibmas Polres Sibolga
3.Pemberian Penghargaan kepada Faskes dengan capaian vaksinasi terbanyak.

Josua Hutapea,S.Sos,MM mewakili Walikota Sibolga menyampaikan sambutan ; Ucapan terimakasih kpd Polres Sibolga atas giat Rakor ini, dan mengapresiasi Polres Sibolga terkait capaian vaksinasi yang telah memenuhi terget pemerintah. 

Pemko Sibolga akan terus bersinergi dengan Polres Sibolga dalam mensukseskan percepatan vaksinasi dan pengamanan giat masyarakat saat bulan Ramadhan.

Kapolres Sibolga AKBP Taryono Raharja, S.H., S.I.K menyampaikan Rakor dilaksanakan adalah : Tujuan dilakukan rapat koordinasi adalah mengkordinasikan dan menyelaraskan pelaksanaan tugas utk mewujudkan Kamtibmas yang kondusif di kota Sibolga khususnya di bulan Ramadhan dan Syawal 1443 H tahun 2022. 

Sampai saat ini hanya 3 kota/kabupaten yang Level 1 yakni kota Sibolga, Kab. Madina, Kab. Pakpak Barat, ini adalah berkat kerjasama seluruh stakeholder dalam mengelola 7 indikator asesmen. 

Perkembangan covid 19 di kota Sibolga terus membaik dikarenakan kepatuhan masyarakat kota Sibolga untuk melakukan vaksinasi dimana persentasi vaksinasi dosis 1 sebanyak 118 %, Vaksinasi Dosis II sebanyak 100,45%, Vaksinasi Dosis III sebanyak 24,59 %.

Terkait Fatwa MUI Nomor 13 thn 2021 ttg vaksinasi di bulan Ramadhan, dimohon agar ketua MUI kota Sibolga nantinya dapat memberikan edukasi dan pencerahan. 

Polres Sibolga Sumatera Utara, akan mengambil langkah strategis menjelang bulan Ramadhan dan hari Raya Idul Fitri 1443 H dengan merencanakan pendirian 6 Pos Pam untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat dan agar tidak melanggar prokes

Membuat himbauan berbentuk Stiker/meme di rumah warga dan tempat tempat ibadah. Pengaktifan Posko PPKM.

Himbauan pemerintah terkait aturan mudik. (Pemutaran Cuplikan video Bapak Presiden RI).
 
Polres Sibolga memiliki Program Prioritas di bulan Ramadhan 1443 H yaitu Polisi Simpatik, Polisi Berbagi, dan Polisi Beriman.

Kemudian Kadis Kesehatan kota Sibolga yang diwakili oleh Kabid P2P Sri Wahyuni; Mendukung sepenuhnya dan akan selalu bersinergi dgn Polres Sibolga dan stakeholder terkait. Menyiaapkan obat obatan, tabung oksigen di tiap tiap Rumah Sakit dan Puskesmas dan tempat isolasi Terpadu. 

Terkait pengamanan di mesjid mesjid dan pos pam, dinkes akan menghadirkan petugas untuk stand by melakukan ceking kesehatan jemaat dan akan dibuatkan QR Code di setiap Mesjid tempat ibadah.

Selanjutnya, Paparan Perwakilan Kalak BPBD Kota Sibolga;  Sangat mendukung rapat kordinasi ini dengan membantu pengamanan polres sibolga, baik di pospam maupun pengamanan di tempat ibadah sekaligus menyiapkan masker untuk jemaah di Mesjid. 

Ketua MUI kota Sibolga H.Torkisma Panggabean,LC menyampaikan 

Terkait vaksinasi di bulan puasa diperbolehkan berdasarkan fatwa MUI No 13 tahun 2021, dikarenakan vaksin tidak melalui rongga mulut dan hidung melainkan disuntikkan ke bagian tubuh

Terkait dengan knalpot blong, mohon kiranya kita bersama sama menertibkan hal tersebut, karena sangat menganggu saat beribadahMelarang penggunaan mercon di kota Sibolga. Sukseskan pelaksanaan vaksinasi untuk masyarakat kota Sibolga

Selanjutnya Kapolres Sibolga dan unsur stekholder melaksanakan pengukuhan Da'i Kamtibmas Polres Sibolga sebanyak 10 (Sepuluh) orang yaitu :

1. Usd. H. Zainun Sinaga
2. Usd. Drs. H. Tasrim Tanjung
3. Usd. Drs H. Aswad Panjaitan.
4. Usd. H. Masaliarman Piliang
5. Usd. Zainun Tanjung
6. Usd. Drs. H. Amansyah Hrp
7. Usd.H. Supratman,AF
8. Usd. Aminuddin Koto
9. Usd. H. Apit Markan,S.Ag
10. Usd. Satu Muharram


Usai pengkuhan Dai Kamtibmas dilanjutkan dengan pemberian oenghargaan kepada Faskes dengan capaian Vaksinasi terbanyak kategori masyarakat umum dan lansia yang diberikan oleh Kapolres Sibolga kepada; 

(1). Klinik Polres Sibolga dengan capaian 9.377 dosis
(2) Puskesmas Sambas dengan capaian 6.768 dosis
(3). Puskesmas Pintu Angin dengan capaian 5.651 dosis

Disampaikan Kapolresta Sibolga AKBP Taryono SIK melalui Humas Res Sibolga AKP R Sormin SAg.

fokusliputan.com/betasimatupang