Prioritas Pembangunan Desa; Sebagai Acuan Anggaran Dana Desa, 'Jangan Sampai Disalahgunakan'

fokusliputan.com_Penggunaan anggaran dana desa itu, harus sesuai petunjuk dan tehnis dari pemerintah pusat yaitu mengacu dengan permendes no 7 tahun 2021.

Tentang prioritas penggunaan dana desa tahun 2022  yaitu ada 4 sekala prioritas pembangunan desa sebagai acuan yang menggunakan anggaran dana desa. Jangan sampai disalah gunakan atau penggunan Anggaran dana desa keluar dari permendes no 7 tahun 2021 jangan menanggung resiko ,ujar Komaruddin Sekretaris kecamatan.

Musrenbangdes canggung ,Prioritas pembangunan Sumber daya alam ( SDA ) dan sumber daya manusia ( SDM )

Bertepatan di aula kantor desa canggung kecamatan Rajabasa kabupaten Lampung selatan , Pemdes canggung mengadakan musrenbangdes, pasalnya dalam perencanaan sebuah pembangunan tahun 2022 desa canggung sebelum nya telah mengadakan musyawarah dusun ( musdus ), lalu diangkat di skala desa yaitu musyawarah desa ( musdes ). 
Turut serta hadir dalam acara musrenbangdes canggung yaitu sekretaris kecamatan rajabasa Komarudin beserta tim, kepala desa canggung Tarmidzi beserta jajaran, bpd desa canggung, tokoh adat, tokoh masyarakat, serta tokoh agama.” Rabu 1 Desember 2021

Kepala desa canggung Tarmidzi mengatakan, dari hasil musyawarah desa maka pemerintah desa canggung akan memperioritaskan perencanaan pembangunan di bidang sumber daya alam (SDA) serta sumber daya manusia (SDM ).

Lanjutnya; Pemdes canggung akan memprioritaskan  pembangunan di bidang  Wisata bahari dan alam yaitu dengan memanfaatkan para pelaku wisata dan umkm desa sekaligus meningkatkan kan prekonomian warga, membuka badan jalan untuk menuju wisata, meningkatkan sumber daya manusia(  SDM ) yaitu dengan cara melakukan pelatihan pelatihan khusus kepada warga seperti melakukan pelatihan menjahit , pengelasan serta pelatihan komputer dll, membangun fisik rabat beton, menanamkan modal badan usaha milik desa (bumdes). 

Namun hal tersebut baru perencanaan dan selanjutnya akan kita tindak lanjuti,  dengan harapan karna ini sudah melalui musyawarah tentunya kita minta dukungan dari masyarakat agar pembangunan di desa canggung sesuai apa yang dihasilkan melalui musyawarah tersebut. 

fokusliputan.com/Rozi