LKM Mandira Terima Kunjungan Kerja, BKAD Berkah Cemerlang

fokusliputan.com_Kedatangan Tim BKAD Riau disambut baik, oleh Sekretaris Camat (Sekcam) Rajabasa Komaruddin, Ketua LKM MANDIRA M Nur Aidi,- yang juga merupakan ketua Forum UPK Lampung Selatan (Lamsel), didampingi Bendahara Forum Faisal, serta Staf LKM MANDIRA. 

LKM MANDIRA Rajabasa terima kunjungan kerja Badan Kerja Sama Antar Desa (BKAD) Berkah Cemerlang Kecamatan Layang Kabupaten Indra Giri Hulu Provinsi Riau, Kamis (07/10/2021).

Dalam sambutannya, Sekcam Komaruddin menyambut baik dengan tangan terbuka kedatangan BKAD dari Riau yang menyempatkan hadir berkunjung ke LKM MANDIRA Rajabasa. "Kami sangat menyambut baik dengan lapang dada, tangan terbuka, menyambut kedatangan BKAD Berkah Cemerlang dari Riau, semoga nantinya bisa untuk saling tukar pengetahuan, dan tentunya kami harapkan apa yang di dapatkan BKAD Berkah Cemerlang dari LKM MANDIRA bisa bermanfaat untuk kemajuan, Begitupun sebaliknya," ujar Komaruddin.

Ketua BKAD Berkah Cemerlang Muhammad Ardan S.ip, Menyampaikan terima kasihnya terhadap sambutan hangat dari LKM MANDIRA Rajabasa terhadap BKAD yang di pimpinnya, "tentunya study tour kami ke sini bertujuan untuk belajar, menggali informasi, pengetahuan, atau hal-hal yang sekiranya bisa meningkatkan UPK kami, mudah-mudahan kami diterima dengan baik sehingga nantinya mendapatkan hal penting untuk menjadi bahan pembelajaran," Beber Ardan.

Hal senada dikatakan Sekretaris Camat (Sekcam) Kecamatan Layang Riau Kadri S.pd, saat memberikan sambutan."Kami harapkan apa kelebihan dan keunggulan di LKM MANDIRA Rajabasa untuk nantinya menjadi keunggulan kami juga di Riau, karena dari sebanyaknya upk hanya di LKM MANDIRA Rajabasa yang memilik banyak keunggulannya, kami haturkan terima untuk sambutannya, dan kami mohon maaf apabila kedatangan kami merepotkan, membuat sibuk atau mengganggu waktu kerjanya, dan apabila nanti LKM MANDIRA berkenan untuk mengunjungi UPK kami di Kelayang Riau sana, kami akan sangat siap dan senang untuk menyambut kedatangan LKM MANDIRA," ucap Sekcam Kelayang Mukri SPd.

Kemudian. Ketua LKM MANDIRA M. Nur Aidi, SE dalam paparannya, mengatakan saat ini ada 14 UPK Eks PNPM yang aktif dan eksis melayani masyarakat yang mana sebelumnya ada 15 upk, namun satu mengalami koleps.

"Alhamdulillah, kami menjadi UPK eks PNPM yang pertama kali di Indonesia memiliki Badan Hukum, Hal ini penting, karena apabila tidak memiliki badan hukum, dikhawatirkan menjadi liar, jangan sampai membuat jurang sendiri di depan, belakang, samping kiri dan kanan, itulah mengapa kita mengajak UPK lain untuk memiliki badan hukum, karena yang kita kelola ini uang, tentunya sensitif dan riskan, maka sangat penting untuk memiliki badan hukum," pungkas Nur Aidi.

Saat ini LKM MANDIRA Mengelola dana nasabah tabungan sebanyak 4000 nasabah lebih dengan jumlah tabungan 3,1 Milyar Rupiah, dan 2000 orang yang melakukan pembiayaan atau pinjaman.

"Nasabah penabung kami jauh lebih banyak dibanding yang meminjam, karena kami mengedukasi bagaimana untuk masyarakat sadar menabung, terlebih di LKM MANDIRA para nasabah jika menabung sepuluh ribu rupiah maka selamanya akan tetap sepuluh ribu rupiah, tidak ada biaya administrasi juga bunga," imbuhnya. "Kami ajarkan bagaimana masyarakat mau menabung, jadi tidak berhutang terus, tapi juga menabung, Alhamdulillah ini efektif sehingga seperti yang saja jelaskan tadi, lebih banyak yang menabung dari pada yang pembiayaan," pungkas M. Nur Aidi SE. 

FOKUS LIPUTAN FOTO: 

Posted By: Ali ImRon





www.fokusliputan.com