Penelitian Penataan Penambangan Emas Tanpa Izin, Menuju Pertambangan Rakyat

fokusliputan.com_Dalam rangka penelitian penataan penambangan emas tanpa izin menuju pertambangan rakyat.Irjen Pol (Purn) Drs.Royke Lumowa,MM bersama team tinjau lokasi tambang emas gunung botak.Jumat(09-10-2021). 

 

Irjen Pop (Purn) Drs.Royke Lumowa,MM bersama team bertolak menuju lokasi tambang emas gunung botak,dari lokasi Desa persiapan Wansait,taem menuju lokasi menggunakan sepeda motor. Setelah tiba di lokasi gunung botak untuk meninjau lokasi tambang emas gunung botak yang saat itu tidak ada kegiatan. 

Namun masih banyak penambang kodok-kodok,dan dulang yang melakukan aktifitas. Setelah itu Irjen Pol (Purn)Drs.Royke Lumowa,MM bersama team kembali dari lokasi tambang emas gunung botak,menuju rumah makan arto moro desa grandeng,guna melakukan makan siang.

Selanjutnya Rombongan tiba di Desa Tifu Kecamatan Lolongguba,untuk melanjutkan kegiatan sosialisasi bersama masyarakat desa.

Dalam kegiatan tersebut Sambutan yang sampaikan oleh Irjen Pol (Purn) Drs.Royke Lumowa,yaitu,akan melakukan penelitian tentang dampak lingkungan akibat penambangan emas ilegal di tambang gunung botak,dan melihat dampak ekonomi sosial dan lingkungan bagi masyarakat akibat kegiatan penambangan emas tanpa izin,dan terakhir akan membagikan kuisoner untuk diisi oleh masyarakat dengan tujuan mengetahui secara langsung dampak ekonomi,sosial dan lingkungan akibat kegiatan penambangan emas tanpa izin,serta mengetahui peran dan tindakan Polri dalam agenda mengamankan tambang emas gunung botak.

Setelah itu, team membagikan lembaran pengisian kuisioner terkait penelitian penataan penambangan emas tanpa izin menuju pertambangan rakyat berkelanjutan dari prespektif peran Polri untuk diisi oleh 30 orang perwakilan masyarakat Desa Waelo Kecamatan Waelata,selaku pelaku yang mendapat manfaat dan dampak dari kegiatan penambangan emas ilegal. 

Adapun team yang mendapinggi Irjen Pol (Purn) Drs Royke Lumowa,MM adalah: Prof.DR.Julius Male (Dosen MPA Universitas Patimura). Aipda Edi BudionoTetelepta,SH (Brig Tipiter Reskrimsus Polda Malulu). Iptu Sirilus Atajalim (Kasat Intelkam Polres Pulau Buru). Ipda Zainal (Kapolsek Waeapo), Aiptu M.Y.S Jamaludin (Pskaur HUMAS Polres Buru). Bripka Eko Pudjianto (Bhabinkamtibmas Parbulu).dan yang turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain,Pjs Desa Debowae,Ketua BPD,Staf desa Debowae beserta RW dan RT,dan juga masyarakat dengan jumlah kurang lebih 60 orang.

fokusliputan.com/AdamSwedi