Karang Taruna Sumut; Siap, Setiap Waktu Memberikan Arahan Serta Dukungan

fokusliputan.com_Ketua Gapoktan Taruna Tani Karang Taruna Sumut Darwis Halomoan Harahap menerangkan; bahwa bidang yang masih bertahan dan menjadi salah satu harapan pemulihan ekonomi dimasa pandemi adalah bidang pertanian. Kami dari Karang Taruna Sumut, siap setiap waktu untuk terus memberikan arahan serta dukungan dalam segala hal untuk pengembangan pertanian di kabupaten Paluta (Padang Lawas Utara) Sumatera Utara melalui Karang Taruna. 
 

Ketua Karang Taruna Sumut Dedi Dermawan Milaya menyebutkan bahwa konsolidasi dan kunjungan ini bertujuan untuk bisa memotivasi para kader Karang Taruna yang ada ditingkatan kabupaten, kecamatan hingga desa di daerah kabupaten Paluta. Para kader diharapkan bisa mengembangkan diri dan menjadi pelopor kewirausahaan pemuda di tingkat desa dan kecamatan bersinergi dengan Pemerintah setempat sehingga Karang taruna bisa dikembangkan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat. Gali potensi-potensi yang ada didaerah kabupaten Paluta agar sumber daya alam yang kita ketahui salah satunya adalah bidang Pertanian dapat dikembangkan.

Bukan hanya bidang pertanian saja, Karang Taruna juga memiliki program untuk pengembangan bidang lainnya seperti tekhnologi, peternakan dan perikanan, UMKM ataupun potensi bidang wisata serta pengembangan potensi sumber daya alam lainnya yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dedi Dermawan berharap melalui wadah Karang Taruna, pemuda ditingkatan kabupaten, kecamatan maupun desa memiliki semangat dalam berusaha dan mempunyai jiwa kreatifitas yang baik serta inovasi dan bisa mandiri serta mempunyai masa depan yang baik. Sehingga ini mampu mendatangkan Pendapatan Asli Daerah yang pada akhirnya dapat memberi manfaat secara ekonomi bagi masyarakat sekitarnya dan lapangan pekerjaan kepada masyarakat khususnya pemuda. Selanjutnya, tentunya Karang Taruna  bisa membuat program-program pelatihan dan pembinaan SDM pemuda agar memiliki kompetensi serta bisa mengembangkan potensi daerah dan market place, sehingga dapat mencegah urbanisasi pemuda ke kota, karena tanpa pemuda pembangunan daerah pasti terhambat.

Lanjut Dedi; saya yakin, dibawah kepemimpinan Bung Mula Rotua Siregar bisa membawa Karang Taruna menjadi salah satu organisasi pelopor pengembangan daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan semangat dan dukungan kerjasama dari seluruh pemuda yang tergabung di Karang Taruna kabupaten Paluta.

Diinformasikan; Karang Taruna Provinsi Sumatera Utara (Sumut) telah melakukan kunjungan kerja dan konsolidasi kepada jajaran pengurus organisasi Karang Taruna Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), Rabu (30/06/2021). Dalam kegiatan yang dimulai sekitar pukul 10.30 Wib dipusatkan di gedung serbaguna kabupaten Paluta, Paranginan, rombongan Karang Taruna Sumut dipimpin oleh Ketua Karang Taruna Sumut Dedi Dermawan Milaya didampingi oleh Sekretaris M Akhiruddin Nasution, Ketua Gapoktan Taruna Tani Sumut Darwis Halomoan Harahap , Ketua LBH Andi Suwandani Harahap dan juga Ketua Karang Taruna Tapanuli Selatan Ahmad Bangun Ritonga beserta rombongan.

Rombongan Karang Taruna Sumut disambut oleh ketua Karang Taruna Kabupaten Paluta Mula Rotua Siregar didampingi Sekretaris Adek Hotma Rivai Harahap beserta jajaran pengurus karang taruna kabupaten Paluta hingga jajaran pengurus tingkat kecamatan. Ketua Karang Taruna Kabupaten Paluta Mula Rotua Siregar dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada rombongan Karang Taruna Sumut di daerah Kabupaten Paluta.

Kunjungan kerja dari pengurus Karang Taruna Sumut ini dapat membawa perubahan serta pengembangan ditubuh Karang Taruna kabupaten Paluta sehingga bisa menjadikan karang taruna lebih profesional dalam berperan sebagai motor pemberdayaan dan pemandirian ekonomi di kabupaten, kecamatan hingga tingkat desa khususnya di Kabupaten Paluta. Kami masih terus berbenah diri dan berharap bisa mendapat pengarahan untuk pengembangan termasuk salah satunya bidang pertanian sehingga nantinya jajaran Karang Taruna Kabupaten Paluta bisa menciptakan pengusaha maupun petani milenial yang menjadi pelopor peningkatan ekonomi masyarakat khususnya di kabupaten Paluta.

Daerah kabupaten Paluta adalah daerah pertanian yang sebagian besar masyarakatnya adalah petani sehingga bidang pertanian bisa menjadi potensi utama daerah kabupaten Paluta yang masih sangat butuh pembenahan.

Dalam hal ini, Sekretaris Karang Taruna M Akhiruddin Nasution menyampaikan sejarah dan tujuan pendirian Karang Taruna di Indonesia yakni menjadi salah satu organisasi sosial mitra pemerintah untuk memberikan kemanfaatan terutama peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat. Karang Taruna adalah organisasi sosial kemasyarakatan yang tumbuh dan berkembang dari, oleh dan untuk masyarakat.

Ketua LBH Karang Taruna Sumut Andi Suwandani Harahap dalam arahannya menyebutkan bahwa Karang Taruna merupakan salah satu pilar partisipasi masyarakat dalam membangun daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Saya adalah putra asli kabupaten Paluta dan berharap sekali kabupaten Paluta bisa menjadi daerah dengan masyarakat sejahtera yang salah satu pelopor utamanya adalah Karang Taruna. 

fokusliputan.com/Yusran H Regar