Penyuluhan Sadar Wisata; Destinasi Wisata Kita, Dapat Dikelola Dengan Baik

fokusliputan.com_Keberhasilan dari program pembangunan pariwisata, bisa kita lihat dari banyak tidaknya wisatawan yang berkunjung ke obyek wisata kita. Oleh sebab itu, destinasi wisata yang ada harus kita benahi dengan baik dan dikelola secara profesional.

Selain itu juga dinas terkait harus aktif promosi, baik di media massa maupun media online. Tapi yang tidak kalah pantingnya adalah bagaimana kita dapat mewujudkan iklim yang kondusif agar wisatawan menjadi nyaman ketika berwisata di daerah kita. Melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemkab Lampung Selatan Menyelenggarakan Kegiatan Penyuluhan Sadar Wisata di Pantai Batu Putih Desa Ketapang Kecamatan Ketapang, Kamis (20/05/2021).

Diketahui; kegiatan penyuluhan sadar wisata yang mengusung tema “Kita Dukung Pengembangan Kawasan Pariwisata Terintegerasi Bakauheni Kabupaten Lampung Selatan”, diikuti oleh Pelaku wisata, Plt Sekretaris Camat Ketapang Elhayati, Aparatur Desa Ketapang dan Pokdarwis Ketapang juga Pokdarwis Bakauheni.

Kadis Pariwisata Ir. Rini Ariasih, MM menyampaikan bahwa, tujuan kegiatan ini yakni untuk mendukung pengembangan kawasan pariwisata terintegerasi Bakauheni. Kegiatan penyuluhan sadar wisata ini akan berlangsung selama dua hari, saya harapkan para peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik.

Ir. Rini Ariasih, MM saat membacakan sambutan Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto; Sangat mengapresiasi sekali, sekaligus mendukung penuh program penyuluhan sadar wisata ini. Harapan saya melalui kegiatan seperti ini, akan muncul para kader penggerak wisata yang profesional, sehingga ke depannya obyek wisata kita dapat dikelola dengan baik.  

Lanjutnya; dengan langkah promosi yang tepat, dapat kita pastikan obyek wisata kita akan banyak dikunjungi wisatawan, baik lokal ataupun mancanegara. Karena sadar wisata merupakan sebuah komponen atau konsep yang menggambarkan partisipasi dan support segenap masyarakat dalam terwujudnya iklim yang kondusif bagi tumbuh dan berkembang kepariwisataan di suatu wilayah.

Sektor pariwisata suatu daerah bisa tumbuh dan berkembang dengan baik, tentunya sangat dipengaruhi oleh keterlibatan masyarakat dalam mewujudkan Sapta Pesona, dengan menjaga keamanan, ketertiban, kebersihan, kesejukan, keindahan, keramah tamahan, dan kenyaman bagi para wisatawan.

Saya harap; melalui kegiatan penyuluhan sadar wisata ini, saudara sekalian dapat meningkatkan wawasan dan ilmu pengetahuan tentang kepariwisataan, sehingga saudara dapat menjadi pemandu wisata atau konsultan sektor wisata yang handal dan berwawasan. Dengan demikian upaya Pemerintah Daerah melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dalam mengembangkan obyek Wisata yang ada di Kabupaten Lampung Selatan akan berhasil dengan baik. Oleh karena itu, ini semua menjadi tugas pokok kita semua untuk mengangkat serta memajukan sektor pariwisata di Kabupaten Lampung Selatan.

Pesan saya; kepada seluruh peserta penyuluhan agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan serius dan sungguh-sungguh. Dengan ilmu pengetahuan yang saudara paroleh akan memberikan dampak yang besar ketika saudara ditugaskan menjadi pengelola tempat wisata; kata Rini Ariasih.

Melalui Kadis Pariwisata; mengajak pelaku wisata agar mendukung program pembangunan wisata yang ada. Mari kita dukung program pembangunan wisata di Kabupaten Lampung Selatan‘ Karena dengan semakin banyaknya destinasi wisata yang dibuka sudah tentu akan terdapat lapangan pekerjaan yang luas di bidang pariwisata.  

Dipenghujung, Dengan mengucap “Bismillahhirrahmannirrahim”. Penyuluhan Sadar Wisata di Wisata Pantai Batu Putih Desa Ketapang Kecamatan Ketapang saya nyatakan resmi “Dibuka”. Berlangsungnya kegiatan Penyuluhan Sadar Wisata ini tetap menerapkan sistem Protokol Kesehatan (Prokes).

FOKUS LIPUTAN FOTO: 

Posted By : Ali Imron



www.fokusliputan.com