Bupati : Besok Pagi, di Jadwalkan Sholat IED, di Masjid Raya Asholihin

fokusliputan.com_Bupati juga mengintruksikan kepada panitia pelaksana agar segera menata pelataran parkir untuk jemaah, dan juga meminta kepada satuan Polantas dan Dinas Perhubungan agar mengatur arah lalu lintas.

Karena selama pelaksanaan Shalat Ied berlangsung jalur dua arah tersebut ditutup mulai dari perempatan kota hingga depan hotel wahyu, dan juga mewajibkan jamaah agar mematuhi Prokes dengan mencuci tangan baik sebelum dan sesudah melaksanakan ibadah sholat Ied.

Pemerintah Daerah  Kabupaten Gayo Lues akan gelar Shalat Idul Fitri 1442 Hijriah di Masjid Raya Asholihin Blangkejeren. Hal itu dilakukan karena lapangan Pancasila sebagai tempat biasa pelaksanaan shalat Ied di kota Blangkejeren digenangi air akibat hujan yang mengguyur terus menerus.

"Rencana awal Pemda akan mengelar Shalat Ied di lapangan Pancasila, karena lapangannya digenangi air kita arahkan ke Mesjid Raya", ujar Bupati Gayo Lues HM Amru, Rabu (12/05/2021) kepada Wartawan.

Rumah ibadah juga hanya boleh diisi 50 persen dari kapasitas yang ada, sesuai dengan surat edaran Kementerian Agama", ujar Bupati sembari menegaskan kepada aparat keamanan agar mengawasi pelaksaan Shalat Ied, dan memberi sanksi bagi yang melanggar Prokes. ”Saya tidak mau kejadian seperti India, terjadi di Gayo Lues, ramai ramai melaksanakan tradisi dan ibadah tanpa hiraukan Prokes yang berujung pada kematian ribuan orang setiap hari, “ kata Amru seraya minta kejadian di India ini menjadi pelajaran dan tidak boleh terjadi pada masyarakat Gayo Lues.