Kecelakaan Kapal, "KMP Wira Glory Dengan Kapal Nelayan", 1 MD, 6 Luka

fokusliputan.com_Sibolga

Tadi malam, pada hari Minggu tanggal 23 Agustus 2020 sekitar pukul 20.00 wib, Kapal Nelayan KM Sinar Mas Jaya berangkat dari Tangkahan Perikanan Beringin Jalan KH A Dahlan dengan tujuan untuk melaut yang di Nahkodai oleh Dangol Silalahi. Dengan membawa ABK (Anak Buah Kapal) sebanyak 24 Orang. 
 

Setibanya di Alur Pelayaran pintu I Navigasi Perairan Laut Sibolga, terjadi kecelakaan laut antara Kapal Penyeberangan KMP WIRA GLORY datang dari arah Pulau Nias yang dinahkodai oleh Nok Metulasa, 55 tahun, Alamat Desa Manembo-Nembo Atas Kecamatan Matuari Kota Bitung Provinsi Bangka Belitung dengan Kapal Nelayan KM Sinar Mas Jaya yang datang dari arah Sibolga. 

baca juga Update : http://www.fokusliputan.com/2020/08/update-24-agustus-2020-nelayan-tapteng.html

Telah terjadi kecelakaan kapal di perairan laut Sibolga antara Kapal Penyeberangan KMP Wira Glory dengan Kapal Nelayan KM Sinar Mas Jaya GT 48 Nomor 3118/ppb. 


Menurut keterangan Saksi atas nama Adek Irwansyah (usia 42 tahun), alamat Budi Luhur Kecamatan Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah (0813606140xx) 

Menerangkan bahwa: pada saat sebelum kejadian, Kapal Penyeberangan KMP Wira Glory datang dari arah Pulau Nias dan setibanya di Alur Pelayaran Pintu I Navigasi bahwa Kapal Penyeberangan KMP Wira Glory tersebut masuk dengan posisi serong dan condong mendekat ke arah Bui lampu merah (seharusnya lebih condong ke arah Bui lampu hijau). Sementara Kapal Nelayan KM Sinar Maja Jaya datang dari arah Sibolga hendak memasuki Alur Pelayaran pintu I Navigasi dengan posisi sejajar dengan Kapal Penyeberangan KMP Wira Glory (disamping Bui lampu merah). Pada saat sebelum peristiwa kecelakaan laut tersebut diatas bahwa Kapal Penyeberangan KMP Wira Glory tidak menghidupkan lampu sorot serta tidak menghidupkan terompet. 


Mewakili Polresta Sibolga Sumatera Utara Iptu R Sormin,SAg menambahkan;; pada saat peristiwa kecelakaan laut tersebut, bahwa Kapal Penyeberangan KMP Wira Glory telah membuka Ram Door di alur pelayaran. Setelah peristiwa kecelakaan laut tersebut, bahwa Kapal Penyeberangan KMP Wira Glory tidak ada upaya pertolongan terhadap para korban. Selanjutnya Kapal Nelayan KM Sinar Mas Jaya ditarik kembali ke Tangkahan Perikanan Beringin di Jalan KHA Dahlan Kota Sibolga dengan Kapal Nelayan KM Sahabat Jaya. 

Keterangan saksi selanjutnya menerangkan; bahwa akibat peristiwa kecelakaan laut tersebut terdapat 1 orang korban meninggal dunia Atas nama Miswar Matondang (Nahkoda III Kapal Nelayan KM Sinar Mas Jaya),usia 42 tahun beralamat Jl SM raja Gg Sihopo-hopo Kelurahan Aek Manis Kecamatan Sibolga Selatan Kota Sibolga. 

Sementara korban luka-luka, hingga saat ini diketahui sebanyak 6 orang ABK (Anak Buah Kapal) KM Sinar Mas Jaya ;; (1). Darwis.Tk Masak). (2). Sibuea (Wakil Nahkoda I).,(3). Fitra (ABK). 4. Lubis (ABK). (5). Udin (ABK). (6). Silalahi (Tukang Masak). 

Sedangkan kondisi Kapal Nelayan KM Sinar Mas Jaya tersebut dalam keadaan rusak pada bagian rumah-rumah dan buritan kapal serta mesin dalam keadaan mati dengan perkiraan kerugian sekitar Rp. 700.000.000,- (Tujuh Ratus Juta Rupiah). 

Untuk saat ini, diinformasikan lagi ;; korban meninggal dunia (MD) telah dibawa ke RSU Metta Medika Kota Sibolga dan selanjutnya dibawa ke RSU DR FL. Tobing Kota Sibolga guna keperluan Visum Et Repertum. Sementara korba luka-luka dibawa ke RSU Meta Medika Kota Sibolga. 


Petugas telah berada di TKP. Tindakan Polri Resort Sibolga bersama Personil Pol Airud Baharkam ;;  Memberikan pertolongan serta membawa korban Meninggal dunia dan korban luka-luka ke RSU Metta Medika Kota Sibolga dan RSU DR FL Tobing Kota Sibolga. Pamka/Tup disekitar Tangkahan Beringin dan sekitar Pelabuhan Sambas Kota Sibolga. Mengamankan barang Bukti (Kapal Penyeberangan KMP Wira Glory dan Kapal Nelayan KM Sinar Mas Jaya.

fokusliputan.com/Beta SImatupang