Ketua AISKI Farizal Purba; "Pengusaha Kecil Kesulitan Kelola Sabut Kelapa, Tidak Ketemu Dengan Harga"

fokusliputan.com_Kami sebagai pengusaha kecil lokal Sabut Kelapa sangat mengeluhkan salah satu sikap PT. Yang diduga, telah menaikkan harga sabut kelapa, yang sangat berdampak pada pengusaha kecil lokal. 


Para pengusaha kecil lokal Sabut Kelapa mengaku; tidak mampu lagi untuk mengembangkan usaha sabut, dikarenakan tidak ketemu dengan harga pasaran lokal dengan pemodal Asing.

Diinformasikan dari wilayah Lampung Selatan. Pengusaha Asosiasi Industri Sabut Kelapa Indonesia (AISKI) keluhkan atas sikap PT Wongsol yang penanaman modal asing dari Korea , yang terletak di Dusun Sukabanjar Desa Sandaran Kecamatan Sido Mulyo Kabupaten Lampung Selatan. 

Dalam acara Rapat AISKI, yang dihadiri Ketua Umum AISKI Pusat Efli Ramli , Ketua AISKI Wilayah Lampung Farizal Purba SE serta para pengurus dan Anggota AISKI, bertempat dirumah makan Begadang 4 Tarahan Bandar Lampung, Minggu (12/07/2020). 

Ketua AISKI Umum Pusat Efli Ramli menyampaikan; kami sebagai pengusaha lokal, Asosiasi  Industri  Sabut  Kelapa Indonesia (AISKI), “Sangat mengeluhkan sikap PT Wongsol, yang kami nilai sangat tidak wajar, dan semena-mena dalam menaikan harga sabut. Ini sama saja, PT Wongsol mematikan pengusaha kecil lokal." 

“Hingga pengusaha kecil lokal tidak mampu untuk mengembangkan usaha sabut, dikarenakan tidak ketemu dengan harga pasaran lokal dengan pemodal Asing ; keluhnya.” 

Selanjutnya, Ketua AISKI Wilayah Lampung Farizal Purba SE, menambahkan ; bahwa syah-nya, PT Wongsol sangat tidak wajar dalam memberikan kenaikan harga yang tinggi. Pada dasarnya, PT Wongsol dapat membantu dan meningkatkan perekonomian perusahaan kecil lokal, bukan malah sebaliknya. 

Hasil pertemuan tadi, pihak AISKI meminta kepada Dinas terkait agar memanggil Manajemen PT Wongsol, agar membina Pengusaha kecil lokal, dan harus menentukan harga pembelian sabut yang disesuaikan dengan kemampuan pengusaha lokal, agar pengusaha kecil tetap berjalan baik. 

Dalam hal ini, Ketua AISKI Wilayah Lampung Farizal Purba SE  juga menambahkan; seraya berharap kepada Dinas terkait, untuk mengecek ulang ijin perpanjangan PT Wongsol tersebut.

fokusliputan.com/Nazaruddin