Kapolresta Sibolga ; “Intinya Mari Kita Jaga Alam, Supaya Alam Menjaga Kita, Apel Siaga Bencana"

fokusliputan.com_Sibolga

Cuaca ekstrim rentan terjadi di wilayah kota Sibolga. Hari ini, Kamis tanggal 09 Januari 2020 pukul 09.00 Wib, bertempat di Lapangan Simaremare Kota Sibolga Sumatera Utara, dilaksanakan Apel Kesiapan TNI - POLRI dan Instansi dalam rangka Penanggulangan bencana di Wilayah Kota Sibolga. 


Bertindak sebagai pimpinan apel ; Kapolres Sibolga AKBP Triyadi, SH, Perwira Apel : AKP Gudo Siswoyo, S.Pd (Kasat Sabhara) dan Komandan Apel : Iptu Penedi Sihotang. Dihadiri juga ; Sekda Kota Sibolga Yusuf Batubara, SKM, mewakili Danlanal Sibolga Mayor (P) Laut Hartono, Kasatpol PP Singkat Sijabat, S.Sos, Faisal Tanjung, mewakili Dandim 0211 / TT Mayor Inf Anwar Sigalingging, Wakapolres Sibolga Kompol Sutisno, SH, Kabag Ops Res Sibolga Kompol R.Sihombing, SH, Kabag Sumda Res Sibolga Kompol Irianto, SH, Kabagren Res Sibolga Kompol Kamaludin Nababan, SH, Kasat Intel Res Sibolga IPTU Jonel Situmorang. 

Kasat Reskrim Res Sibolga Dahrun Harahap, SH, Kasat Narkoba Res Sibolga AKP Rudi Sitorus, Kasat Binmas Res Sibolga Iptu Daniel, Kasat Lantas Res AKP Akbar Lubis, SH, Humas Polresta Sibolga Iptu R.Sormin,SAg, Basarnas Sibolga PH Kordinator Pos Sar Sibolga M.Rio Faisal simorangkir, Unsur SKPD Kota Sibolga, para Kapolsek, para Perwira, personil Polres Sibolga. 


Susunan barisan apel, barisan perwira Polres Sibolga, barisan personil Polres Sibolga, barisan TNI, barisan Basarnas, barisan BPBD Kota Sibolga, barisan Dinas Kesehatan, barisan Satpol PP, barisan Tagana. 

Dalam apel siaga bencana tersebut disertakan peralatan kesiap-siagaan dan kedaruratan bencana milik BPBD dan Polres Sibolga, berupa : Peralatan Penanggipangan Bencana ; Tujuh Unit R4 (rincian 4 Mobil Double Cabin 1 Truck dan 1 Truck Pemadam Kebakaran), Perahu LCR (Landing Craft Rubber),  Sampel Tenda Keluarga, Pelampung Ring Bouy, Live Jacket , Rescue Helmet, Peralatan Medis , Ambulance, Alat berat Beko. 

Diinformasikan, Inventaris milik Polres Sibolga_seluruh sarana R4 , Dua Perahu Kano, Pelampung, Satu unit perahu karet. 

“Sesuai dengan TR Mabes Polri Polda Sumut , harus laksanakan Persiapan untuk antisipasi bencana di Wilayah masing - masing. Sudah terjadi bebarapa Bencana alam di indonesia, Kita harus bersyukur di Wilayah Kita Kota Sibolga tidak ada bencana untuk itu kita harus antisipasi., apabila ada bencana kita buat Posko seperti disekitar TKP atau Rumah Sakit. Lokasi Bencana harus dibuat Tenda darurat. Harus kordinasi dengan Dinsos khususnya Tagana untuk pembuatan dapur di lapangan. Tidak ada bekerja sendiri dan kita juga harus jaga keselamatan Personil. Semua Perahu karet dan kendaraan dinas harus selalu disiapkan. Kita harus bekerjasama dengan RAPI dan SENKOM untuk menambah alat komunikasi jarak jauh. Bag Ops Polres Sibolga siapkan Sprint Personil yang dilibatkan dalam Penanggulangan bencana.” 

baca juga : http://www.fokusliputan.com/2020/01/pohon-meli-sebanyak-150-batang-keluarga.html

Selanjutnya, fokusliputan.com melakukan wawancara (konfirmasi) langsung dengan Kapolresta Sibolga. Dapat disampaikan melalui clip audio visual.

fokusliputan.com/Amosi Zega